Tiga Fraksi Beri Sinyal Bentuk Pansus Pengelolaan Covid-19

DPRD Banggai akan membentuk Pansus pengelolaan anggaran refocusing penanganan covid-19 di Kabupaten Banggai. (FOTO: SOFYAN LABOLO/LUWUKTIMES.COM)


Luwuk, LUWUKTIMES.com— Wacana pembentukan panitia khusus (Pansus) tentang pengelolaan anggaran refocusing Covid-19 mengemuka di DPRD Banggai. Bahkan tiga fraksi sudah memberi sinyal kuat untuk menggunakan salah satu hak lembaga legislatif itu.

Ketiga fraksi itu adalah, Golkar, PAN dan Fraksi PHP (PKB-Hanura-Perindo). Dan diyakini tujuh fraksi di dewan bersikap bulat untuk membentuk Pansus.

“Iya kami setuju mendorongnya ke Pansus,” kata Wakil Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang, Ketua Fraksi PAN Ibrahim Darise dan Ketua Fraksi PHP (PKB-Hanura-Perindo) DPRD Banggai, Syafruddin Husain kepada sejumlah wartawan, di kantor DPRD Banggai, Kamis (11/06/2020).

Pada rapat Banggar-TAPD yang dipimpin Ketua DPRD Banggai, Suprapto telah mengemuka rencana pembentukan Pansus. Itu setelah Ketua dan Sekretaris TAPD tidak hadir pada rapat di ruang rapat kantor DPRD Banggai.

“Ini ada indikasi atas ketidakhadiran mereka. Kita skorsing saja sekaligus kita pertimbangkan apakah akan dinaikkan statusnya menjadi pansus,” kata politisi Partai NasDem Sukri Djalumang.

Menurut anggota DPRD Banggai asal Partai Golkar, Irwanto Kulap, rapat tidak bisa dilanjutkan pada Senin pekan depan. Tapi harus dilaksanakan besok. Dan kalaupun Ketua dan Sekretaris TAPD tetap tidak hadir, DPRD harus menggunakan haknya.


Baca juga: Absen di Rapat, Ketua DPRD Banggai Merasa Dibohongi Ketua TAPD


Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Masnawati Muhammad berpendapat, absennya Sekkab dan Kepala BPKAD memperkuat asumsi bahwa refocusing tahap IV sudah terjadi. Dan Masnawati mengaku sepakat jika dinaikkan menjadi Pansus.

Aleg PKS Nasir Himran berujar, ini merupakan pelecehan terhadap lembaga legislatif. Dia pun menyetujui persoalan ini di pansuskan. Bahkan jika perlu dinaikkan statusnya ke yang lebih tinggi.

Sementara itu, Samsulbahri Mang menambahkan, DPRD tidak perlu membuat undangan yang kedua kali terkait tidak hadirnya kedua petinggi TAPD. Saran Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai ini besok segera rapat untuk pembentukan Pansus.

Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Irwanto Kulap juga berujar, ketika Sekkab dan Kepala DPKAD kembali absen pada rapat lanjutan besok, maka dewan segera menggelar rapat badan musyawarah (Banmus) untuk membentuk Pansus.

Atas sejumlah usulan tadi, Ketua DPRD Banggai, Suprapto mengambil kesimpulan bahwa rapat besok akan dilanjutkan antara Banggar dan TAPD lengkap personil. Jika itu tidak terpenuhi, maka akan dinaikkan status menjadi Pansus. *

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: