Bikin Resah Warga, Komisi 2 DPRD Banggai Panggil Perusahaan Tambak Udang

Ketua Komisi 2 DPRD Banggai, Sukri Djalumang. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUK TIMES— Komisi 2 DPRD Banggai akan memanggil PT. Lautan Gunung Mas (LGM) dengan agenda rapat dengar pendapat (RDP). Hearing itu rencananya dilaksanakan Senin (20/07/2020) di kantor DPRD Banggai.

Apa persoalannya? Ketua Komisi 2 DPRD Banggai, Sukri Djalumang yang ditemui Luwuk Times di kantor dewan Jumat (17/07/2020) mengatakan, berdasarkan aduan warga desa Uwedikan Kecamatan Luwuk Timur, alur pipa yang melintas sampai di bibir pantai milik perusahaan sangat menganggu para nelayan.

“Apalagi disaat air laut surut,” kata Sukri.

Sebenarnya sambung politisi Partai NasDem ini sudah ada kesepakatan antara PT. LGM dan warga untuk biaya ganti rugi. Akan tetapi, kesepakatan itu tidak ditindaklanjuti oleh perusahaan.

 

Baca juga: Ini Penjelasan Kadis PUPR tak Hadiri Rapat Pansus LKPD di DPRD

 

“Sudah ada kesepakatan dengan masyarakat ganti rugi. Tapi tidak ada penyelesaian dari perusahaan,” kata Sukri.

Tak itu saja catatan merah perusahaan, sehingga Komisi 2 perlu menghadirkan dalam RDP nantinya. Menurut keluhan warga kata Sukri, limbah perusahaan telah mencemari air laut di desa Uwedikan.

“Juga pembuangan limbah industri yang membuat air laut tercemar menjadi bagian yang akan kami tanyakan di hearing nantinya,” ucap Sukri.

Selain perwakilan perusahaan dan masyarakat pengadu, DPRD juga akan menghadirkan OPD terkait.

“Kami akan undang Kades, Camat, Kadis Kelautan dan Kadis Lingkungan Hidup. Dengan begitu persoalan menjadi clear,” tutup Uci-sapaannya. (yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: