Wacana Diskualifikasi, Perindo Sulteng Klarifikasi Calon Petahana Pilkada Banggai

Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Sulteng, Clemens Efraim Musa. (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUK TIMES— DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sulteng tak ingin menemui kendala dalam mengusung pasangan calon (paslon) di Pilkada Banggai 9 Desember 2020 mendatang. Wacana diskualifikasi memaksa partai pemilik dua kursi di DPRD Sulteng ini melayangkan surat klarifikasi kepada calon petahana.

Informasi ini dibenarkan Ketua DPW Partai Perindo Sulteng, Clemens Efraim Musa yang dikonfirmasi Luwuk Times, Minggu (28/06/2020).

“Kami mempelajari. Saya sudah melayangkan surat klarifikasi kepada yang bersangkutan (Herwin Yatim, red) untuk meminta surat keterangan dari penyelenggara bahwa beliau tidak akan tersandung pada saat pendaftaran,” kata Clemens. Apa jawaban calon petahana? Clemens kembali menjawab “belum, mungkin masih sementara diusahakan”.

Pelantikan pejabat dilingkup Pemda Banggai yang dilaksanakan Bupati Banggai Herwin Yatim di tanggal 22 April sekaligus menganulir surat keputusan (SK) pelantikan itu di tanggal 23 April, berbuntut persoalan.

Bawaslu beserta Sentra Gakkumdu Kabupaten Banggai sempat memprosesnya. Pelantikan sekaligus penganuliran SK pelantikan dilaksanakan sebelum terbit Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5/2020 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah. *

 

 Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: