Tiga Dokumen Syarat Calon dari ASN Akan Gugur, Apabila?

Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUK TIMES— Bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ingin tampil dalam kontestasi pemilihan kepala daerah 2020, ada tiga dokumen syarat yang harus dipenuhinya.

Ketiga dokumen syarat calon bagi ASN yang akan mencalonkan sebagai Bupati atau wakil Bupati itu kata Divisi Teknis KPU Banggai, Makmur Manesa yakni pertama, surat pengajuan pengunduran diri sebagai PNS. Kedua, tanda terima dari pejabat yang berwenang atas penyerahan surat pengunduran diri atau pernyataan berhenti. Sedang dokumen ketiga, surat keterangan bahwa pengunduran diri atau pernyataan berhenti sedang diproses oleh pejabat yang berwenang.

“Tiga dokumen tersebut wajib dimasukan paling lambat 5 hari sebelum penetapan pasangan calon,” kata Makmur kepada Luwuk Times, Senin (13/07/2020).

Bagaimana ketika ASN sudah pensiun sebelum masa pendaftaran pasangan calon di KPU? Pertanyaan itu dijawab Makmur, apabila sudah pensiun sebelum pendaftaran calon, maka gugur kewajiban memasukan tiga dokumen tersebut. Alasannya, karena yang bersangkutan bukan lagi PNS.

 

Baca juga: Berniat Nyaleg DPRD Sulteng, ID: PAN Butuh Kaderisasi di DPRD Banggai

 

“Jadi sama dengan bakal calon yang lain yang bukan PNS. Yakni TNI/Polri dan anggota DPR, tidak perlu ada tiga dokumen pengunduran diri dimaksud,” kata Makmur.

Ketentuan itu sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan atau walikota/wakil wali kota. *

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: