Soal Pelantikan Pejabat, Aminuddin: Bawaslu Bisa Keluarkan Rekomendasi Kedua

Ilustrasi


Luwuk, LUWUKTIMES.com— Aminuddin Kasim menawarkan solusi terkait polemik pelantikan pejabat dilingkup Pemda Banggai yang dilaksanakan kandidat petahana Herwin Yatim.

Menurut akademisi Untad Palu pada dialog daring dengan topik penggantian pejabat di tengah pandemi covid-19 Rabu (29/05/2020), Bawaslu Kabupaten Banggai bisa mengeluarkan rekomendasi kedua untuk mempertegas rekomendasi pertama.

“Solusinya Bawaslu bisa mengeluarkan rekomendasi kedua,” kata Aminuddin.

Dia membenarkan, rekomendasi Bawaslu Banggai bisa melahirkan perbedaan tafsir. Pasalnya, dalam rekomendasi itu tidak secara tegas disampaikan Bawaslu pelanggaran administrasi. Akan tetapi disebutkan dapat dikatakan pelanggaran administrasi.

“Bisa multitafsir. Sehingga solusinya saat masuk tahapan pendaftaran, Bawaslu bisa mengeluarkan rekomendasi kedua,” kata mantan Ketua Panwaslu Provinsi Sulteng ini.

Sementara itu, Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming mengatakan, KPU Banggai wajib melaksanakan apa yang menjadi rekomendasi Bawaslu Banggai.

“Wajib laksanakan rekomendasi Bawaslu,” kata Tanwir.

Dan sambung Tanwir, KPU Banggai sudah merespon rekomendasi itu dengan melayangkam surat ke Bawaslu.

Ada 2 point yang tertuang di dalam surat itu. Pertama kata Tanwir, rekomendasi itu belum dapat ditindaklanjuti, mengingat belum masuk tahapan pencalonan.

Kedua, rekomendasi Bawaslu tidak secara tegas menyatakan pelanggaran administrasi. Alasan KPU, dalam rekomendasi itu menggunakan prasa dapat dikatakan pelanggaran administrasi pemilihan.

“Kata dapat ini bisa lahirkan tafsir beda. Tidak tegas,” ucap Tanwir.


Baca juga
Petahana Boleh Mengganti Pejabatnya, Apabila Memenuhi Ketentuan Ini


Dalam dialog darling yang berdurasi 2 jam lebih itu, Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa membenarkan bahwa pihaknya wajib memproses rekomendasi Bawaslu.

“Itu sudah menjadi keharusan KPU dalam menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu. Dan KPU Banggai sudah menjawab rekomendasi Bawaslu agar mempertegas isi rekomendasinya,” kata Makmur.

Berangkat dari situlah, sehingga Aminuddin Kasim memberikan solusi bahwa Bawaslu Banggai bisa mengeluarkan rekomendasi kedua, setelah masuk tahapan pendaftaran dengan tidak lagi menggunakan kata dapat. *

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: