Soal Akun FB Nama Hasto Kristiyanto, Begini Reaksi Kader PDIP dan Loyalis Winstar

Dari kiri Lasnardi Lahi, Suprapto dan Aryanto Hakim

“Saya pastikan bahwa ini akun bodong. PDI Perjuangan tidak pernah merilis berita-berita internal seperti ini. Apalagi sekelas Sekjen yang mengumbar sikap partai di medsos,”

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai, Suprapto

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Akun facebook (FB) tertera nama Hasto Kristiyanto sontak viral. Akun yang namanya mirip dengan Sekjend DPP PDI Perjuangan tersebut mengapresiasi temuan Bawaslu Kabupaten Banggai terkait dugaan pelanggaran administrasi calon petahana Bupati Banggai Herwin Yatim (HY).

Bahkan penulis akun di media sosial (medsos) itu menegaskan akan menggantikan HY sebagai calon bupati Banggai yang diusung PDIP, karena kemungkinan besar akan di TMS kan oleh KPU.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Provinsi Sulteng, Lasnardi Lahi yang dikonfirmasi Luwuktimes.com Kamis (20/08/2020), tidak banyak memberi tanggapan terhadap akun yang diduga palsu tersebut.

“Saya tidak tau kebenaran akun FB ini. Apakah ini akun resmi dari pak Hasto atau bukan. Olehnya saya tidak akan memberikan komentar soal isi status FB itu,” kata Lasnardi. Begitu pula ditanya tentang langkah hukum, dia menjawab singkat. “Wah itu bukan ranah saya”.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai, Suprapto memastikan bahwa akun itu bukanlah milik Sekjen DPP PDI Perjuangan.

“Saya pastikan bahwa ini akun bodong. PDI Perjuangan tidak pernah merilis berita-berita internal seperti ini. Apalagi sekelas Sekjen yang mengumbar sikap partai di medsos,” kata Suprapto.

“Ini hal langka. Jika ini terjadi pasti ini akun bodong sebagai modus orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan merugikan partai serta paslon yang direkomendasi oleh PDI Perjuangan,” tambah Ketua DPRD Banggai ini.

Sebagai sekretaris partai di daerah pertegas Suprapto, dirinya meminta kepada pihak berwajib untuk menelusuri dan melakukan penyelidikan terhadap kebenaran akun ini, sebagai upaya destruktif dari pihak lain.

Loyalis Winstar 2 periode, Aryanto Hakim juga seirama dengan Suprapto. “Akun ini jelas palsu dan mainan anak-anak yang baru belajar tampil di panggung politik praktis,” kata Anto.

Isi akun FB yang mencatut nama Hasto Kristiyanto

Logikanya seorang Sekjen partai besar dan partai penguasa, tidak mungkin membuat pernyataan secara terbuka. Karena tidak ada satu parpol peserta pemilu yang mau mengorbankan kader terbaiknya.

Apalagi kader yang mampu mengangkat elektabilitas PDIP di Kabupaten banggai dengan merebut 10 kursi di DPRD dan mampu mendudukan kader terbaiknya Herwin Yatim sebagai Bupati Banggai.

Omong kosong semua dialog di FB yang mengatas namakan Sekjen PDIP. Dan ini kata Anto kerjaan iseng dari lawan politik HY yang mulai kehilangan akal karena tidak mampu membendung elektabilitas Winstar yang terus meroket.

Sementara calon lain masih tertati-tati mencari simpatik dengan menjual ‘jamu’ di tengah masyarakat, tapi toh rakyat tidak bodoh. Mereka melihat yang sudah terbukti dan bukan yang baru berjanji dengan program yang muluk setinggi langit.

Pada prinsipnya tekan Anto, Winstar tidak mau terusik dengan pepesan kosong yang disebarkan oleh akun palsu itu. Karena niat kami adalah kerja kerja dan kerja, ikhlas serta tulus untuk kemenangan Winstar pada pilkada 9 Desember 2020 untuk periode ke 2.

Sementara itu seorang pengamat politik sekaligus akademisi memberi penilaian atas isi akun tersebut. Kata dia yang meminta identitasnya tak disebut, terlepas itu adalah akun palsu ataupun serangan politik yang dianggap mengganggu elektabilitas kandidat, akan tetapi yang menjadi persoalan adalah adanya pelanggaran Pasal 71 ayat (2).

“Itu intinya,” tutur sumber. *

Baca juga: 5 September Paslon HATIMU Dijadwalkan Mendaftar di KPU Banggai

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: