SIAPA BANGGAI I, TOMUNDO LINCA SARANKAN, ANTI DAN BALI BAKU “SUTEN”

Syahrin Taalek

LUWUKTIMES.com— Ada keinginan publik untuk menyatukan Sulianti Murad dan Samsulbhari Mang di pilkada Banggai 2020.

Hanya saja aspirasi akar rumput ini terganjal. Keduanya, sama sama ingin maju sebagai calon Banggai I.

Baik kader di kubu Partai Gerindra maupun Partai Golkar, tidak ikhlas ketika ketua partainya hanya menjadi bakal cawabup.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai, Julius Tipa pernah berujar, massifnya safari politik yang dilakukan Anti Murad pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Banggai, tidak sebatas silahturahim politik.

Lebih dari itu ingin meyakinkan ke publik serta pengurus di kecamatan dan ranting bahwa Anti Murad tampil sebagai calon bupati.

“Ibu Anti secara tegas menyatakan bahwa calon bupati sudah menjadi harga mati. Dan itu disampaikan beliau kepada semua PAC Gerindra,” ucap Julius.

Tidak beda dengan kubu Golkar. Lewat fungsionaris partai beringin rindang, Rinto Alimun di salah satu warkop di kawasan Luwuk Shoping Mall (LSM) belum lama ini, menegaskan bahwa Obama (Om Bali Mang), tidak akan mundur sebagai calon Banggai I.

Bahkan sebut Rinto, Bali Mang bersama Happy Manopo sebagai bakal calon Banggai II, tak hanya mendapat sinyal dari Golkar, akan tetapi sejumlah parpol memberi angin segar terhadap paket Bali-Happy untuk diusung ke KPU.

Sebenarnya, kata aktivis Linca Syahrin Taalek, baik Anti maupun Bali, saling membutuhkan dalam membangun koalisi partai.

Alasannya, Partai Gerindra tidak bersyarat mengusung paslon tanpa ditopang koalisi. Karena partai ini hanya punya saldo awal 4 kursi.

Begitu pula dengan Partai Golkar. Bali Mang tidak bisa berdiri sendiri tanpa koalisi, mengingat partai ini masih butuh ketambahan 2 kursi lagi.

Bagi dia, sangat memungkinkan, Gerindra-Golkar membentuk satu gerbong. Tentang siapa calon Banggai I dan Banggai II, bagi Syahrin tinggal dirumuskan kedua partai itu.

“Apakah Anti Murad yang Banggai I atau sebaliknya Bali Mang yang jadi calon bupati, tinggal baku suten saja,” saran Tomundo Linca ini. (sh)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: