Saat Melantik PPS dan PAW PPK, Begini Pesan Ketua KPU Banggai

Ketua KPU Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow melantik PPS dan PAW PPK, di aula KONI Kabupaten Banggai, Senin (15/06/2020). (FOTO SOFYAN LABOLO/LUWUKTIMES.COM)

 

Luwuk, LUWUKTIMES.com— Ketua KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow melantik puluhan panitia pemungutan suara (PPS) dan satu pengganti antar waktu (PAW) panitia pemilihan kecamatan (PPK) di aula sekretariat KONI Kabupaten Banggai, Senin (15/06/2020) siang.

Adapun PPS yang dilantik itu berasal dari Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan, Nambo, Kintom, Batui, Masama dan Toili. Sedang satu PPK PAW yang dilantik berasal dari Kecamatan Kintom.

Pelantikan yang menerapkan standar protokoler kesehatan covid-19 itu turut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Bece Abd. Junaid.

Dalam sambutan pelantikan, Zaidul memberi apresiasi terhadap para perangkat adhok yang baru tersebut.

“Kepada teman-teman PPS dan PPK selamat bergabung. Atas nama lembaga KPU Banggai saya patut berkata kalian luar biasa,” kata Zaidul.

Makna dari apresiasi Zaidul ini dipaparkannya. “Arahan atasan kita (KPU provinsi dan KPU RI) bahwa meski siap melaksanakan pilkada, namun siap pula menerapkan protokoler kesehatan,” kata Zaidul.

Dan sebagai lembaga pengawas pemilu, Bawaslu dan perangkatnya tentu saja akan memastikan, apakah penyelenggara teknis mampu menerapkan protokoler kesehatan di era pandemi ini.

“Pelaksanaan teknis oke, tapi protokoler kesehatan juga harus oke,” tegas Zaidul.

Makna kata luar biasa lainnya juga dijelaskan Zaidul. Usai dilantik ini, tidak ada waktu untuk belajar tentang kepemiluan lagi. Artinya, durasi waktu semakin sempit.

Belum lagi segera masuk dalam tahapan daftar pemilih tetap (DPT), yang setiap pemilihan, kerap bermasalah. “Saking bermasalahnya, sehingga istilahnya diplesetkan menjadi daftar persoalan tetap,” kata Zaidul.

Olehnya karena itu, harapan Zaidul kepada semua perangkat adhok segera berkoordinasi bersama aparat setempat yakni kepala desa dan lurah. Langkah awal yang dilakukan segera menyiapkan sekretariat.

“Pesan saya, jaga kesehatan dan sering membaca tentang regulasi kepemiluan,” pinta Zaidul. *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: