RSUD Luwuk Pusat Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Paslon untuk Tiga Kabupaten

Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa memimpin rakor persiapan pemeriksaan kesehatan dalam rangka pendaftaran bakal paslon di pilkada serentak 2020, di aula kantor KPU Kabupaten Banggai, Rabu (26/08/2020). (Foto: Dokumen KPU Kabupaten Banggai)

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Bertipe B menjadi alasan utama sehingga RSUD Luwuk dijadikan pusat kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati baik dari Kabupaten Banggai, Banggai Laut maupun Tojo Unauna.

Informasi ini terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) persiapan pemeriksaan kesehatan dalam pendaftaran bakal paslon di pilkada serentak 2020, yang dilaksanakan di aula kantor KPU Kabupaten Banggai, Rabu (26/08/2020).

Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa menjelaskan, selain KPU dan pihak RSUD Luwuk, hadir juga pada rakor itu adalah perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), HIMPSI Wilayah Sulteng, BNN Banggai Kepulauan dan Tojo Unauna.

“Dua komisioner KPU Banggai Laut dan KPU Touna juga ikut hadir,” kata Makmur.

Ada sejumlah point penting yang dihasilkan pada rakor itu. Diantaranya, KPU Kabupaten Banggai, Tojo Unauna dan Banggai Laut sepakat menunjuk RSUD Luwuk sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bakal calon pilkada 2020.

Hal lain yang disepakati tambah Makmur, pemeriksaan kesehatan meliputi  pemeriksaan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika secara menyeluruh oleh tim dokter.

“Tim dokter itu terdiri dari ahli psikologi dan BNN,” jelas Makmur.

Untuk pemeriksaan kesehatan bagi paslon dijadwalkan mulai tanggal 4 sampai dengan 11 September 2020. “Yang efektif dapat dilaksanakan 7-11 September 2020,” ucapnya.

Point lainnya sambung Makmur, KPU kabupaten membentuk tim pemeriksa kesehatan. Tim ini berpersonilkan, dokter, ahli psikologi dan pemeriksa bebas penyalahgunaan narkotika dari BNN,  IDI dan Himpsi.

Masih dengan penjelasan Makmur, Kabupaten Balut dan Touna bergabung di Kabupaten Banggai, karena RSUD Luwuk merupakan rumah sakit tipe B.

“Ketentuannya adalah tipe A. Karena RSU di provinsi belum ada tipe A, maka RSU kabupaten yang bertipe B menjadi alternatifnya,” kata Makmur.

Di Provinsi Sulteng saja, belum ada RSU tipe A. Rumah sakit Undata dan Anuturapura masih berstatus tipe B, sama dengan RSUD Luwuk.

“Hanya tiga RSU yang tipe B di Sulteng, yakni Undata, Anutapura dan RSUD Luwuk,” tutup Makmur. *

Baca juga: Radio Paling Eksis, SBM Jadi Pilihan KPU Banggai untuk Sosialisasi

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: