Rekomendasi Bawaslu Sulteng TMS-kan Calon Petahana Dinilai Tepat

Praktisi Hukum Kabupaten Banggai, Aswan Ali

Luwuk, LUWUKTIMES.com – Tidak ada yang keliru dalam laporan Bawaslu Provinsi Sulteng terkait penyampaian rekomendasi Bawaslu agar KPU setempat memberikan sanksi tidak memenuhi syarat (TMS) kepada calon petahana.

Karena itu kata praktisi hukum Kabupaten Banggai, Aswan Ali, rekomendasi tersebut sudah sesuai dengan ketentuan pasal 71 ayat (5) UU nomor 10 tahun 2016, terhadap kepala daerah selaku petahana yang mendaftar sebagai calon kepala daerah pada pilkada 2020.

“Kan sudah jelas yang bersangkutan (calon petahana) melanggar ketentuan pasal 71 ayat (2) UU Pilkada, yaitu melakukan penggantian pejabat dimasa terlarang tanpa persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri,” kata Aswan kepada Luwuktimes.com, Rabu (12/08/2020).

Justru yang keliru lanjut mantan jurnalis ini, persepsi pengamat yang tidak memahami tugas dan wewenang Bawaslu itu sendiri. Meskipun lembaga yang berwenang mengeksekusi para bakal calon, apakah memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS) adalah KPU.

Namun sesuai tupoksinya Bawaslu juga mempunyai kewenangan merekomendasikan kepada KPU pemberian sanksi administratif kepada bakal calon.

Baca juga: Bawaslu tak Punya Kewenangan Memutuskan Bakal Calon TMS atau MS

“Terhadap Bupati Banggai dan Wakil Bupati Morowali Utara yang telah direkomendasikan Bawaslu agar dikenakan sanksi TMS oleh KPU ketika selaku petahana mendaftar calon kepala daerah,” kata Aswan.

Rekomendasi itu pertegas Aswan sudah tepat. Karena kedua pejabat petahana itu melanggar larangan aturan yang berlaku secara imperatif.

Tidak cuma itu, kedua pejabat tersebut juga telah melanggar sumpah jabatan sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2016.

“Makanya sudah tepat langkah Bawaslu yang melaporkan kepada Gubernur Sulteng   penerapan sanksi TMS kepada kedua pejabat dimaksud, ketika mereka mendaftar calon kepala daerah ke KPU selaku petahana,” tutup Aswan. *

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: