Realisasi Anggaran NPHD Sesuai Regulasi, KPU-Bawaslu Siap Sukseskan Pilkada

Ketua KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow dan Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Bece Abd. Junaid. (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUK TIMES— Anggaran pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020 sebagaimana tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) realisasinya sudah sesuai regulasi. Baik KPU maupun Bawaslu Kabupaten Banggai, sepakat untuk bersama-sama mensukseskan agenda demokrasi yang akan dihelat 9 Desember 2020.

Ketua KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow kepada Luwuk Times, Jumat (10/07/2020) mengaku sudah tidak ada masalah lagi dengan pembiayaan pelaksanaan pilkada. Sebab realisasi anggaran dari Pemda sudah sesuai dengan regulasi.

“Sesuai info dari Bagian Keuangan saat ini sudah direalisasikan 52 persen,” kata Zaidul.

Memang sambung Zaidul, mendasari ketentuan, lima bulan sebelum voting day, realisasi anggaran pilkada sudah 100 persen. Dan dia berharap, dalam waktu dekat ini, secara penuh direalisasikan pemerintah. “Yang pasti saat ini sudah sesuai regulasi,” pertegas Zaidul.

 

Baca juga: Komunitas Sumur Zam-Zam Kampung Baru Pasang Badan buat Paslon HATIMU

 

Jika KPU Banggai baru 52 persen, berbeda dengan Bawaslu. Lembaga yang bertugas melakukan pengawasan pemilihan kepala daerah ini, realisasi anggarannya sudah mencapai 100 persen. “Untuk Bawaslu Kabupaten Banggai realisasi anggaran dari Pemda sudah 100 persen,” kata Bece.

Berdasarkan NPHD yang ditanda-tangani bersama Pemda Banggai di tanggal 1 Oktober 2019 lalu, anggaran KPU Banggai diporsikan Rp. 50 miliar. Sedang Bawaslu dialokasikan Rp. 15,8 miliar lebih. *

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: