Pilkada Serentak di Era New Normal, Begini Pesan Ketua KPU Sulteng

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming

Palu, LUWUK TIMES— Pilkada serentak 9 Desember 2020 sangat berbeda dengan pemilihan kepala dan wakil kepala daerah yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Pilkada tahun ini dilaksanakan di era pandemi covid-19.

“Yang paling penting adalah mereka memastikan diri harus melaksanakan semua tahapan dan proses sesuai standar protokol kesehatan covid 19,” kata Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming kepada Luwuk Times Rabu (24/06/2020).

Apabila penyelenggara teknis pemilu mengabaikan standar protokoler kesehatan covid 19 itu sambung Tanwir, maka tak sekadar menjadi temuan Bawaslu. Akan tetapi bisa saja menjadi laporan peserta pilkada serta masyarakat umum.

“Iya, saya kira itu pasti akan menjadi temuan dan bahan laporan ke Bawaslu oleh siapapun. Bukan saja oleh Bawaslu sendiri tetapi bisa saja dari peserta dan masyarakat umum. Karena itu sudah menjadi protap pelaksanaan pemilihan di era new normal,” kata Tanwir.

Oleh karena itu pesan Tanwir lagi, kepada semua penyelenggara harus dapat melaksanakan semua tahapan dan jadwal mengacu pada standar kesehatan tersebut.

“Jadi teman-teman penyelenggara mulai dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS, PPDP, dan KPPS mutlak harus melaksanakan semua tahapan dan jadwal dengan mengacu pada standar kesehatan protokol covid,” ucap Tanwir.

“Apalagi anggaran yang ada sudah mengakomodir semua kebutuhan akibat penyesuaian ini. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kami untuk tidak melaksanakan hal tersebut,” pertegas Ketua KPU Provinsi Sulteng ini. *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: