Pilkada Banggai Tiga Kontestan, Kemana Dukungan Gerindra?

Ilustrasi pilkada Banggai.


LUWUKTIMES.com— PKB menjadi partai politik terakhir yang mengeluarkan keputusan dukungan terhadap bakal pasangan calon (paslon) di Pilkada Banggai 2020. Partai ini melegitimasi bakal paslon Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) untuk diusungnya pada pesta demokrasi tersebut.

Sudah tergambar peta kekuatan kandidat yang akan berkompetisi. Hampir dipastikan tiga kontestan yang akan berlaga di pilkada serentak yang rencananya dihelat 9 Desember tahun ini.

Ketiga paslon itu yakni Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar), Samsulbahri Mang-Happy Manopo (B’Hepy) dan Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM).

Adapun dukungan parpol buat para kandidat itu adalah, Winstar (PDIP, PKS dan Partai Perindo) 14 kursi, B’Hepy (Golkar, PAN dan Hanura) 9 kursi dan AT-FM (NasDem dan PKB) 8 kursi.

Dari 9 parpol yang memiliki sheat alias kursi di DPRD Banggai, tinggal Partai Gerindra yang masih tersisia.

Kabarnya partai 4 kursi di parlemen lalong ini, telah mendelegasikan kepada Sulianti Murad sebagai bakal calon bupati Banggai. Akan tetapi, partai berlambang kepala burung garuda ini kehilangan teman koalisi, menyusul telah diborong oleh kandidat lain. Terlebih lagi, siapa calon Banggai II Anti Murad juga masih samar.

Meski tiga bakal paslon tadi sudah memenuhi syarat minimal dukungan jumlah kursi di parlemen, 7 kursi, bukan berarti Gerindra dibiarkan parkir.

Sudah barang tentu, baik Winstar, B’Hepy maupun AT-FM masih akan berjibaku untuk mendapatkan dukungan partai bentukan Prabowo Subianto ini.

Sebelumnya, ketua tim pemenangan AT-FM, H. Beniyanto Tamoreka berujar, sekalipun kandidatnya sudah memenuhi kuota gabungan parpol, namun masih akan terus membangun lobi lobi ke parpol lain.

Hal ini setidaknya menjadi sinyal AT-FM bahwa Gerindra bakal dibidiknya untuk menggemukkan tubuh koalisi.

Di kubu B’Hepy pun tidak tinggal diam. Manuver politik juga masih dimaksimalkan. Salah satunya pendekatan bakal calon Banggai II Hepy Manopo terhadap elit Gerindra baik di DPD maupun di DPP.

Fungsionaris Partai Golkar Kabupaten Banggai, Irwanto Kulap kepada Luwuktimes.com Sabtu (23/05/2020) berujar, politik itu dinamis. Setiap saat bisa berubah. Termasuk konstalasi jelang pilkada Banggai.

“Namun ini adalah politik, kapan saja perubahan itu bisa terjadi. Kita tunggu hasil akhirnya,” kata Irwanto.

Apakah B’Hepy memiliki kans merebut hati Partai Gerindra? Pernyataan itu dijawab simple Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, “kemungkinan kemungkinan itu semua bisa terjadi. dan ruang tersebut ada pada 3 kendidat”. *

Baca juga: DPC PKB Siap Menangkan AT-FM di Pilkada Banggai

(st)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: