Pilkada 2020, Tak ada Lagi Istilah Liaison Officer atau LO

Komisioner KPU Kabupaten Banggai Makmur Manesa. (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUK TIMES – Pemilihan kepala daerah serentak 2020, tidak lagi mengenal liaison officer (LO) atau penghubung kandidat dengan penyelenggara pemilu. Akan tetapi istilah itu diganti dengan pengurus partai politik (parpol).

“PKPU 1/2020 istilah petugas parpol/LO diganti dengan pengurus parpol. Jadi bukan lagi LO, tapi pengurus parpol, yaitu ketua dan sekretaris Parpol,” kata Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa kepada Luwuk Times, Jumat (07/08/2020).

Dijelaskannya, pengurus parpol dalam hal ini Ketua dan Sekretaris parpol yang nantinya hadir dalam proses pendaftaran pasangan calon (paslon) di kantor KPU Banggai.

“Jadi itu khusus yang boleh hadir pada saat pendaftaran calon, yaitu paslon dan pengurus parpol pengusul. Dan ketentuan ini berlaku pada pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota,” kata Makmur.

Dalam rangka menyatukan persepsi terkait ketentuan itu, KPU Banggai menjadwalkan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek).

“Dalam waktu dekat kami akan melaksanakan bimtek kepada parpol terkait dengan pencalonan, sebagaimana di atur dalam PKPU 1/2020,” kata Makmur. *

Baca juga: Dukung Winstar, Ketua Bappilu PDIP Sulteng Minta Kader di Kabupaten Banggai Solid

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: