Pengawasan Coklit Ekstra, Bawaslu Buka Posko Pengaduan di 23 Kecamatan

Monitoring coklit yang dilakukan Bawaslu bersama perangkat adhoknya di kecamatan, dilaksanakan mulai dari 17-19 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUK TIMES— Pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih sudah berjalan. Tahapan itu dimulai 15 Juli sampai dengan 13 Agutus 2020. Sebagai lembaga pengawas pemilu, Bawaslu Kabupaten Banggai bersama perangkat adhok melakukan pengawasan ekstra.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Banggai, Muh. Adamsyah Usman kepada Luwuk Times, Minggu (19/07/2020) tadi malam mengatakan, sejak action petugas pemutahiran data pemilih (PPDP), Bawaslu bersama perangkatnya turun lapangan.

“Pengawasan dan monitoring proses pencoklitan dilakukan Bawaslu Kabupaten Banggai pada tanggal 17-19 Juli. Seluruh komisioner bersama staf turun lapangan di semua daerah pemilihan. Dan kami ingin memastikan pencoklitan berjalan sesuai dengan ketentuan,” kata Adamsyah.

Pengawasan lanjut Kordiv penindakan dan pelanggaran Bawaslu Kabupaten Banggai ini, tak sebatas monitoring. Melainkan Bawaslu juga telah membuka sejumlah posko pengaduan di 23 kecamatan.

Pengawasan secara massif ini tambah personil Sentra Gakkumdu Kabupaten Banggai ini tidak lain bertujuan untuk memastikan bahwa hak konstitusional setiap warga terdata dengan baik oleh KPU dan jajaran adhok sampai ketingkat PPDP.

“Untuk setiap kecamatan, ada yang dua atau tiga desa diambil sampelnya. Baik yang memenuhi syarat memilih atau yang sudah tidak memenuhi syarat memilih,” kata Adamsyah. *

 

Baca juga: Usai Apel Kesiapan Coklit, 753 PPDP Datangi Rumah Para Calon Pemilih

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: