Pencoblosan di Era Pandemi, Kabupaten Banggai Akan Ketambahan 10 TPS

Ilustrasi pemilih di TPS

Pemilih sedang menggunakan hak pilihnya di TPS. (Foto: Istimewa)


Luwuk, LUWUKTIMES.com— Pengurangan jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di pilkada 9 Desember 2020, memaksa KPU menambah jumlah TPS. KPU Banggai mengestimasi akan terjadi penambahan sebanyak 10 TPS.

“Awalnya 735 TPS. Itu sesuai dengan dukungan anggaran. Tapi ada kemungkinan terjadi penambahan 10 TPS,” kata Ketua KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow kepada Luwuktimes.com, Sabtu (06/06/2020).

Untuk proses penambahan jumlah TPS di 23 kecamatan sambung Zaidul, masih dilakukan konsultasi atau pembahasan serta pemetaan TPS, yang nantinya diklasifikasi berdasarkan jumlah pemilih per TPS.


Baca juga:

Sukmawati Unok Pensiun, Kursi Sekretaris KPU Banggai belum Bertuan


Sekiranya nanti kata Zaidul lagi, harus 500 pemilih setiap TPS, maka hampir dipastikan akan menambah 10 TPS. “Itu menurut info dari bagian data. Tapi tentu kita masih menunggu dulu diputuskan secara resmi,” kata Zaidul.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa menambahkan, berdasarkan kesimpulan rapat kerja Komisi II DPR RI, dengan Menteri Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP tanggal 3 Juni 2020, salah satu point yang disepakati yakni dalam rangka penerapan protokol kesehatan covid-19 maka ditetapkan jumlah pemilih di TPS maksimal 500 pemilih per-TPS.

Sehingga lanjut Makmur, ada kemungkinan TPS di Kabupaten Banggai akan bertambah jumlahnya dibanding rencana awal sebelum masa pandemi covid-19. *

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: