Musda Partai Golkar Banggai Ditunda Dua Kali, Kenapa Bisa Yah?

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai, Irwanto Kulap. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Awalnya Musda ke X Golkar Kabupaten Banggai akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2020. Jadwal itu berubah. Momentum internal molor sampai dengan tanggal 31 Agustus.

Rupanya belum juga fiks. Berdasarkan usulan DPD II Partai Golkar Banggai kepada DPD I Golkar Sulteng, agenda lima tahunan itu kembali ditunda.

Dan sampai saat ini belum jelas kapan Musda itu dihelat. Apakah sebelum pilkada atau pasca pilkada.

Ditundanya pelaksanaan Musda partai lima kursi di DPRD Banggai itu dibenarkan fungsionaris Partai Golkar, Irwanto Kulap.

“Benar Musda yang seyogianya dilaksanakan 31 Agustus 2020 ditunda,” kata Irwanto kepada sejumlah wartawan yang menemuinya di ruang Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai Senin (31/08/2020).

Irwanto menjelaskan alasan sehingga terjadi penundaan sebanyak dua kali Musda. Kata dia, di tanggal 16 Agustus 2020 bertempat di Hotel Santika Luwuk, DPD I Golkar Sulteng merespon usulan DPD II Golkar Banggai untuk penundaan Musda, yakni dari tanggal 17 Agustus menjadi 31 Agustus.

“Saat itu alasan penundaan karena steering committee belum terbentuk serta menunggu perjuangan Ketua Golkar Banggai Samsulbahri Mang mendapatkan deskresi DPP. Dan DPD I Golkar Sulteng merespon penundaan Musda untuk dilaksanakan 31 Agustus,” kata Irwanto.

Lalu mengapa harus ditunda lagi? Sodoran pertanyaan kembali dijawab Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai ini.

Alasan DPD II Golkar Banggai, karena menghadapi pilkada. Irwanto memberi argumen soal itu. Dalam setiap Musda, pasti muncul faksi-faksi. Dinamika ini yang dihindari Golkar. Sehingga tidak akan mengganggu kosentrasi menghadapi pilkada.

Apakah penundaan Musda disebabkan juga Bali Mang belum dapat deskresi? Pertanyaan lanjutan itu dijawabnya. “Saya tidak mau masuk dalam ruang itu. Yang pasti penundaan itu demi eksistensi partai,” kata Irwanto.

“Soal apakah pak Bali Mang sudah dapat deskresi, itu yang yang belum saya tahu. Karena saya belum dapat informasinya,” kata Wanto.

Untuk jadwal lanjutan Musda Wanto mengaku masih akan menunggu keputusan DPD I Golkar Sulteng.

“Itu menjadi kewenangan DPD I, kapan Musda Golkar. Apakah sebelum atau sesudah pilkada,” kata dia.

Sekadar informasi, untuk Sulteng sudah dua Kabupaten yang pelaksanaan Musda ditunda, yakni Sigi dan Kabupaten Morowali Utara. *

Baca juga: Batia Sisilia Dampingi Paslon AT-FM Menjalani Pemeriksaan Swab di RSUD Luwuk

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: