Musda Golkar Agustus, Siapa Ketua Beringin Kabupaten Banggai Kedepan?

Tiga kader Partai Golkar Kabupaten Banggai, dari kiri Irwanto Kulap, Saripudin Tjatjo dan Samsulbahri Mang. Mereka diwacanakan akan meramaikan bursa calon Ketua DPD Partai Golkar Banggai. (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUK TIMES— DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai sebentar lagi punya hajatan. Sebelum voting day pilkada serentak 9 Desember 2020, beringin rindang akan melaksanakan musyawarah daerah (Musda).

Belum ada jadwal pelaksanaan momentum yang salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai itu. Akan tetapi DPD Partai Golkar Sulteng menargetkan kepada seluruh kabupaten/kota se Sulteng, termasuk Kabupaten Banggai melaksanakan Musda paling lambat di bulan Agustus 2020.

Kabar ini dibenarkan Sekretaris Pemenangan Pemilu Wilayah Banggai, Bangkep dan Balut, Iwan Kobaa. “Paling lambat bulan Agustus sudah dilaksanakan Musda,” kata Iwan kepada Luwuk Times, Rabu (15/07/2020).

Dari lima legislator lalong asal partai ini, wacana calon Ketua DPD Partai Golkar mengerucut pada tiga nama. Mereka adalah petahana, Samsulbahri Mang serta dua kader beringin lainnya, Saripudin Tjatjo dan Irwanto Kulap.

Bicara soal peluang, Samsulbahri Mang memiliki kans cukup besar untuk kembali menahkodai Partai Golkar Banggai. Tapi mantan Ketua DPRD Banggai 2 periode ini kabarnya terbentur pada perubahan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) hasil Munas Partai Golkar. Dalam AD/ART terbaru ada pembatasan 2 periode untuk menjadi ketua partai.

 

Baca juga: BM PAN Kabupaten Banggai Siap Menangkan Paslon AS dan HATIMU

 

Ketentuan tidak bisa 2 periode itu, berlaku pada semua tingkatan, mulai dari pengurus desa (PD), pengurus kecamatan (PK), DPD kabupaten, DPD provinsi hingga DPP.

Aturan baku yang tertuang dalam AD/ART itu bisa dikesampingkan, apabila mendapat diskresi dari DPP untuk maju lagi mencalonkan diri sebagai kandidat ketua.

Disodorkan pertanyaan tentang larangan 2 periode, Iwan Kobaa tidak memberi jawaban. “Kalau soal itu saya no comment. Bersabar saja dulu. Nanti ada waktunya kami informasikan,” ucap Iwan Kobaa.

Begitu pula Sekretaris DPD Partai Golkar Sulteng, Amran Bakri Nai, ditanya pertanyaan yang sama via WhatsApp (WA), Amran memilih tidak memberi jawaban.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Bangkep, Iwan Bua justru membenarkan ketentuan larangan 2 periode tersebut. “Benar dalam AD/ART terbaru hasil Munas Golkar akhir tahun 2019 lalu diputuskan tentang batasan 2 periode. Terkecuali ada diskresi dari DPP,” kata Ketua Komisi 1 DPRD Bangkep ini. *

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: