Mundur dari ASN, Ustad Zainal tak lagi Disumprit Bawaslu Saat Kampanye

Zainal Abidin Alihamu saat masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUK TIMES— Zainal Abidin Alihamu resmi mundur sebagai aparatur sipil negara (ASN) terhitung sejak tanggal 1 Juli 2020. Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai ini memilih panggung politik sebagai dunia barunya.

“SK Bupati Banggai tentang pemberhentian atas permintaan sendiri dengan pemberian pensiun atas nama Zainal Abidin Alihamu sudah kami kantongi,” kata Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Banggai, Muh. Adamsyah Usman, yang ditemui Luwuk Times, Rabu (08/07/2020).

Dengan demikian sambung Adamsyah, Zainal Abidin Alihamu tidak lagi terjerat kasus dugaan netralitas ASN. Karena yang bersangkutan sudah resmi mundur dari ASN.

“Pasca mundur dari ASN, pak Ustad Zainal tidak lagi kena sumprit Bawaslu saat kampanye atau melakukan pencitraan,” jelas Adamsyah.

 

Baca juga: 31 Temuan Ditindaklanjuti Bawaslu, Adamsyah: Untuk Pelanggaran Administrasi Menjadi Tugas KPU

 

Beberapa waktu lalu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai itu diundang Bawaslu Kabupaten Banggai untuk kepentingan klarifikasi terkait pencalonannya sebagai Wakil Bupati Banggai di pilkada Banggai.

Hasil keterangannya kata Adamsyah, Ustad Zainal pasif atau tidak aktif dalam melakukan pencitraan diri. Terkait dengan baliho bersama kandidat calon Bupati Banggai Sulianti Murad, kata Adamsyah, Ustad Zainal mengaku tidak memasangnya. Melainkan inisiatif partai politik.

Tapi sambung Adamsyah, kondisnya saat ini berubah. Setelah resmi mundur dari ASN, Ustad Zainal berhak mencitrakan diri untuk maju sebagai calon Banggai II mendampingi Sulianti Murad yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai.

“Tujuh larangan ASN sebagaimana tertuang dalam UU 5/2014, UU 10/2016, PP 53/2010, PP 42/2004 dan surat MenPANRB, kini tak berlaku bagi Ustad Zainal,” jelas Adamsyah. *

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: