Mesin Partai Demokrat Banggai Mogok, Pemenangan Buat Paslon AS tak Jalan

Fungsionaris Partai Demokrat Kabupaten Banggai, Syahrin Taalek. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUK TIMES – Pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur Sulteng, Anwar-Sigit (AS) harus kerja ekstra untuk meraup suara signifikan di Kabupaten Banggai. Kendalanya, kendaraan politik Partai Demokrat Kabupaten Banggai mogok. Sehingga terancam konsolidasi pemenangan tidak jalan.

Kondisi ini dibenarkan fungsionaris Partai Demokrat Kabupaten Banggai, Syahrin Taalek, kepada Luwuk Times, Minggu (26/07/2020).

“Partai Demokrat Banggai wasalam. Mesin partai mogok berat,” kata Syahrin.

Ada beberapa alasan Syahrin sehingga pesimistis paket AS tidak mampu berbuat banyak dalam mendulang simpatik di Kabupaten Banggai.

Diantaranya, tidak ada keterwakilan kader Demokrat di lembaga legislatif. “Ini sangat memberi pengaruh terhadap pemenangan AS di Kabupaten Banggai.

Kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai yang mati suri juga turut memperparah kondisi di lapangan.

“Tidak ada pengurus partai yang ‘tajir’. Yang ada hanyalah pekerja politik. Cost politik sangat dibutuhkan dalam kompetisi politik, terlebih lagi pilkada,” ucap Syahrin.

Lantaran mesin partai lagi mogok, sehingga pasangan calon lain meninggalkan jauh kedepan. “Kandidat lain sudah lari begitu kencang. Sedang kami diam di tempat,” kata Syahrin.

Bila kita menengok kebelakang, Partai Demokrat di Kabupaten Banggai pernah eksis. Di parlemen lalong, kader partai berlambang bintang mercy ini sempat menduduki kursi unsur pimpinan DPRD.

Namun setelah itu, satu per satu kursi Demokrat di lembaga legislatif lepas. Tecatat pada pemilu legislatif (pileg) 2006 Demokrat meraih 3 kursi dan pileg 2009 juga bertahan dengan 3 kursi. Tapi di pileg 2014 menyisahkan 2 kursi. Terakhir di pileg 2019 demokrat zero kursi.

Tak hanya di pileg, Demokrat pernah berjaya. Di Pilkada Banggai Demokrat pernah sukses. Yakni pada pilkada 2015 berkoalisi dengan PDIP, berhasil mengantarkan Herwin Yatim-Mustar Labolo sebagai bupati dan wakil bupati Banggai. *

 

Baca juga: Tiga Obsesi Mulia Haji Amir Maju di Pilkada Banggai, Apa Saja Itu?

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: