Larangan Konvoi Kendaraan Saat Pendaftaran Juga Tugas KPU Banggai

Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Bece Abd. Junaid

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Bece Abd. Junaid mengatakan, disaat pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati Banggai tanggal 4-6 September 2020, KPU wajib menerapkan protokoler kesehatan covid-19.

Meskipun begitu, penerapan protokol kesehatan di masa pendemi tersebut juga menjadi bagian dari tugas pengawasan Bawaslu dan jajarannya.

Kepada Luwuktimes.com, Senin (24/08/2020), Bece mengatakan, PKPU 6/2020 pasal 49 ayat 3 dijelaskan, pendaftaran bakal pasangan calon dihadiri oleh ketua dan sekretaris atau sebutan sebutan lain partai politik dan/atau gabungan partai politik pengusul beserta bakal paslon.

Pada prosesi di kantor KPU tersebut, maka lembaga penyelenggara teknis dan jajarannya wajib menerapkan protokol kesehatan covid 19.

Apabila sambung Bece, ditemukan ada pengabaian dari ketentuan sebagaimana diatur dalam PKPU tadi, maka KPU beserta jajarannya mempunyai kewajiban untuk menegur. Termasuk konvoi kendaraan, yang tidak dibenarkan dalam aturan.

Ketika tim paslon tertentu tidak menindaklanjuti teguran KPU itu, maka kata Bece segera berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten atau jajarannya, untuk selanjutnya diberikan sanksi sesuai aturan dalam penetapan protokol kesehatan covid-19.

“Begitu antara lain mekanismenya,” tutup Bece. *

Baca juga: Kewenangan Sanksi Konvoi Kendaraan Disaat Pendaftaran Paslon ada di Bawaslu

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: