Kewenangan Sanksi Konvoi Kendaraan Disaat Pendaftaran Paslon ada di Bawaslu

Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa menegaskan, tidak ada iring-iringan kendaraan disaat pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati.

Menyangkut sanksi ketika ada tim paslon ngotot menggelar konvoi, maka itu menjadi kewenangan Bawaslu, kepolisian serta lembaga terkait lainnya.

“Intinya dilarang konvoi atau pengantaran yang melibatkan banyak orang. Ini sesuai PKPU 6/2020 tentang pelaksanaan pilkada dalam kondisi bencana nonalam covid-19,” kata Makmur kepada Luwuktimes.com, Minggu (23/08/2020).

Apakah ada konsekwensi sanksi bagi ada tim paslon tertentu yang mengabaikan aturan penyelenggara pemilu itu?

Makmur kembali berujar, soal sanksi menjadi kewenangan Bawaslu, kopolisian atau lembaga terkait lainnya. Karena KPU menerapkan proses pendaftaran dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 sebagaiman diatur PKPU 6/2020.

Senada dengan komisioner KPU Banggai, Alwin Palalo yang sebelumnya berkomentar, Makmur juga menjelaskan, disaat pendaftaran paslon di tanggal 4-6 September 2020, yang hanya diperbolehkan masuk ke ruangan tempat penyerahan berkas pencalonan adalah Ketua dan Sekretaris Parpol pengusul beserta paslon.

Terhadap pihak yang tidak berkepentingan dengan penyerahan berkas dokumen dan/atau perlengkapan secara fisik, dilarang hadir dan/atau berkerumun di tempat penyerahan berkas dokumen.

Bukan berarti tambah Makmur, pihak lain tidak dapat menyaksikkan prosesi penting tersebut. Bisa mengikutinya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menggantikan pertemuan tatap muka secara langsung bagi seluruh pihak yang terlibat dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan.

“Masa pendukung dapat menyaksikan prosesi pendaftaran secara daring serta melalui siaran langsung facebook (FB) KPU Kabupaten Banggai,” terang Makmur. *

Baca juga: Pendaftaran Pasangan Calon di KPU Banggai tak Diperbolehkan Konvoi Kendaraan

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: