Kemana Dukungan PKB, ke B’Heppy atau ke AT-FM?

Bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai, Samsulbahri Mang-Heppy Manopo dan Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili. (Foto: Istimewa)

LUWUKTIMES.com— Satu satunya partai politik yang belum memberi dukungan politik di pilkada Banggai 2020 adalah PKB. Hingga kini partai pemilik 2 kursi di parlemen lalong ini belum bertuan.

Dua bakal pasangan calon disebut sebut sedang mencari simpatik terhadap partai Nahdiyin ini. Samsulbahri Mang-Happy Manopo (B’Heppy) versus Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM).

Secara kuantitas kursi, B’Heppy sudah memenuhi syarat regulasi. Partai Golkar 5 kursi, Hanura 1 kursi dan PAN 3 kursi, sudah cukup bagi kandidat ini mendaftar di KPU Kabupaten Banggai.

Bukan berarti, B’Heppy berpuas diri. Masih ada keinginan paket ini untuk merebut rekomendasi DPP PKB. Bahkan secara tegas Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai yang juga kandidat bupati Banggai, Samsulbahri Mang menyatakan PKB berpeluang bergabung.

Baca juga

Tiga Parpol Pengusung B’Hapy Rapatkan Barisan

Penegasan ini disampaikan Bali Mang pada momentum deklarasi parpol pengusung B’Heppy di sekretariat pemenangan di Kelurahan Mahaas Kecamatan Luwuk Selatan, belum lama ini.

Berbeda dengan paket AT-FM. Duet pengusaha-mantan birokrasi ini, wajib mendapat sokongan PKB. Karena tanpa dukungan parpol ini, maka AT-FM hampir dipastikan tidak bisa ikut kontestasi pilkada 9 Desember 2020.

Pasalnya, 6 kursi Partai NasDem, belum bersyarat didorong ke KPU Banggai.

Terkait dengan konstalasi hingga membuat PKB menjadi partai ‘seksi’ ini, Ketua DPC PKB Kabupaten Banggai, Syafruddin Husain belum dapat memberi banyak informasi.

Baca juga

PAN Lepas dari Genggaman, Begini Jawaban Santun Haji Amir

Dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/05/2020) Syafruddin mengaku belum mendapat kabar dari DPP.

“Belum ada rekomendasi. Saya juga masih menunggu,” kata Syafruddin.

Dia pun mengaku, partainya menjadi penentu bagi AT-FM. “Memang benar, PKB menjadi penentu buat paket tersebut,” ucapnya.

Akan tetapi tambah politisi yang akrab disapa Haji Udin ini, bakal paslon Samsulbahri Mang-Heppy Manopo juga masih berjuang memperebutkan rekomendasi atau surat keputusan (SK) dari DPP PKB. “Iya, pak Bali juga masih berjuang merebut PKB,” ucapnya.

Soal kemana afiliasi dukungan PKB, Haji Udin-sapaannya mengaku belum mengetahui.

“Sejak dipending saat mewabahnya virus corona, kami di DPC belum mendapatkan kabar lanjutan dari DPP. Sehingga sampai saat ini kemana dukungan PKB di pilkada Banggai, belum ada,” kata Haji Udin. *

(st)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: