Juni dan Juli KPU Banggai Fokus di Tiga Tahapan Pilkada

Makmur Manesa

 

Luwuk, LUWUKTIMES.com— KPU Kabupaten Banggai telah selesai melantik panitia pemungutan suara (PPS) di lima kecamatan yang sebelumnya tertunda. Kelima kecamatan itu adalah, Luwuk, Luwuk Selatan, Nambo, Kintom, Batui, Masama dan Toili. Selain PPS, Ketua KPU Banggai, Zaidul Bahri Mokoagow juga melantik satu anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Kintom.

Untuk bulan Juni dan Juli kedepan, KPU beserta perangkat lembaga adhoknya akan fokus pada tiga tahapan pilkada lainnya. “Setelah pelantikan PPS di lima kecamatan yang tertunda, KPU akan melaksanakan tahapan untuk dua bulan kedepan yakni Juni dan Juli 2020,” kata Divisi Teknis KPU Kabupaten Banggai, Makmur Manesa, Rabu (17/06/2020).

Pertama kata Makmur yakni penyusunan daftar pemilih sekaligus penyampaian kepada PPS. Tahapan ini dijadwalkan sebulan, 15 Juni-14 Juli 2020.

Kedua, pembentukan petugas pemutahiran data pemilih atau PPDP. Durasi waktu sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 5 tahun 2020 juga cukup panjang, dimulai 24 Juni-14 Juli 2020.

Sementara tahapan ketiga adalah pencocokan dan penelitian atau coklit. Jadwalnya dimulai 15 Juli-13 Agustus 2020. *

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: