Jadi Partai ‘Seksi’, PAN Menunggu Konsisten Kandidat Pilkada Banggai

Tiga bakal calon bupati Bangai, Amirudin Tamoreka, Samsulbahri Mang dan Sulianti Murad.

Luwuk, LUWUK TIMES— PAN di Pilkada Banggai dapat diilustrasikan sebagai sosok perempuan cantik nan seksi. Nyaris semua bakal calon ‘melamar’nya. Partai berlambang matahari terbit pun memberi sinyal dari lamaran tersebut. Itu ditandai dengan terbitnya rekomendasi dan surat keputusan (SK) dari DPP PAN.

Partai yang identik dengan warna biru ini telah mengeluarkan rekomendasi buat bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai, Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM). Rekomendasi yang ditanda-tangani Tim Pilkada DPP PAN itu sekaligus membatalkan rekomendasi yang sebelumnya diberikan kepada pasangan calon petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo.

Alih-alih menindaklanjuti rekomendasi menjadi SK yang diperuntukkan buat AT-FM, DPP PAN melalui Ketua Umum dan Sekjend malah menerbitkan SK kepada bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai, Samsulbahri Mang-Heppy Y. Manopo (B’Heppy).

Bahkan SK yang juga diteken kedua petinggi DPP PAN kembali diterbitkan untuk pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai, Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU). Kabarnya SK itu yang sah. Alasannya terbit paling terakhir.

Tapi yang membuat publik menjadi bingung, SK fisik DPP PAN baik yang diberikan ke B’Heppy maupun ke HATIMU, belum diterima pengurus DPD PAN Kabupaten Banggai. Dan itu diakui Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai, Ferry Saadjad kepada sejumlah media yang menemuinya di kantin aspirasi DPRD Banggai, belum lama ini.

Jumat (19/06/2020), Luwuk Times sempat menyambangi ruang Fraksi PAN DPRD Banggai. Pembahasannya masih seputar dukungan politik partai dengan langganan tiga kursi di parlemen lalong itu di Pilkada Banggai.

Menurut orang PAN di ruangan tersebut, sebenarnya bukan PAN yang tidak konsisten. Tapi kandidat lah yang dibutuhkan konsistensinya terhadap PAN.

Argumen itu cukup rasional. Karena memang dokumen yang menjadi salah satu syarat di KPU bukanlah digital. Akan tetapi berbentuk SK fisik. Pertanyaannya, siapa kandidat yang sudah mengantongi SK DPP PAN dalam bentuk fisik? *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: