Ini Yang Harus Dilaksanakan KPU Setelah PKPU 5/2020 Disahkan

Tanwir Lamaming


Luwuk, LUWUKTIMES.com— Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2020 yang mengatur tentang tahapan pilkada serentak 2020 telah disahkan. Para penyelenggara pemilu tentu segera action dalam rangka menyukseskan pilkada yang voting day nya jatuh di tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Provinsi Sulteng, Tanwir Lamaming yang dihubungi Luwuktimes.com Sabtu (13/06/2020) mengatakan, langkah yang dilakukan KPU adalah konsolidasi internal untuk mempersiapkan pengaktifkan kembali atau pelantikan PPK dan PPS yang belum dilantik.

“Saya kira yang paling pertama adalah melakukan konsolidasi internal untuk mempersiapkan pengaktifan kembali atau pelantikan bagi yang belum dilantik PPK dan PPS serta jajaran sekretariatnya,” kata Tanwir.


Baca juga: Enam Topik Dibahas pada Rapat Persiapan Pilkada 2020


Langkah awal itu penting sambung Tanwir, mengingat banyaknya penyesuaian yang harus dilakukan oleh teman teman di KPU daerah, termasuk KPU Kabupaten Banggai, terkait protokol kesehatan covid 19 yang harus dipatuhi.

“Tentunya semua tahapan yang tertunda kemarin dengan sendirinya dilanjutkan,” jelas Ketua KPU Sulteng.

Untuk kebutuhan teknis dan tata cara pengaktifan kembali atau pelantikan serta mekanisme kerja tahapan pemilihan 2020 kata Tanwir, telah dimuat dalam beberapa edaran KPU RI yang ditujukan kepada seluruh ketua KPU Provinsi dan Kabupaten Kota se Indonesia. Diantaranya sebut Tanwir, surat edaran nomor 259 dan surat edaran nomor 441. *

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: