Hadapi Masa Pendemo di Pilkada, Begini Penanganan Aparat Polres Banggai

Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH memimpin langsung latihan Tactikal Floor Game (TFG), di Aula Maleo Mapolres Banggai, Selasa (25/08/2020). (Foto: Humas Polres Banggai)

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Dinamika pilkada Banggai 2020 mulai terasa. Beberapa tahapan yang berpotensi bergejolak sudah didepan mata. Diantaranya, pendaftaran dan penetapan serta pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) bupati/wakil Bupati Banggai. Ketiga tahapan itu akan dilaksanakan di bulan September 2020.

Sebagai salah satu institusi yang menjadi garda dalam menjaga stabilitas keamanan, Polres Banggai tidak ingin kecolongan dalam menjalankan tupoksinya tersebut.

Selasa (25/08/2020), Polres Banggai kembali menggelar latihan Tactikal Floor Game (TFG), bertempat di Aula Maleo Mapolres Banggai.

Press release yang diterima Luwuktimes.com, latihan yang dipimpin langsung Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH itu juga dihadiri Wakapolres Kompol Esriyati Ndese, SH, MH, Kabag Ops AKP Noperto G.N, SIK dan pejabat utama Polres Banggai serta Kapolsek Luwuk.

Kabag Ops mengungkapkan, TFG merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan.

“Dalam latihan ini personel diberikan pengarahan mengenai tahapan-tahapan dan cara bertindak dalam menghadapi massa jika terjadi unjuk rasa saat Pilkada,” kata AKP Noperto.

TFG sambung kata AKP Noperto juga bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan.

“Dalam latihan ini disimulasikan secara detail posisi penempatan personel sesuai kebutuhan yang diperlukan nantinya di saat pelaksanaan pengamanan Pilkada,” sebut mantan Kasat Sabhara Polres Palu ini.

Perwira berpangkat tiga balak ini mengatakan, dengan dilaksanakannya TFG ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan personel dalam mengamankan sesuatu kegiatan yang disesuaikan dengan situasi yang akan dihadapi dalam pilkada serentak.

“Kita juga berharap masyarakat dapat bersinergi dengan Polri untuk mensukseskan Pilkada 2020 ini agar berjalan aman, damai dan sejuk,” harap Kabag Ops. *

Baca juga: Mantan LO Calon Petahana Merapat ke Haji Amir? Ismail: AT itu Orang Baik

(pr/yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: