Estimasi Awal 735 TPS, Alwin Palalo: Jumlahnya Masih Berpotensi Bertambah

Ilustrasi pemilih di TPS

Luwuk, LUWUK TIMES— Dua agenda bersamaan digiatkan KPU Kabupaten Banggai. Selain persiapan pembentukan petugas pemutahiran data pemilih (PPDP), lembaga penyelenggara teknis pemilu ini juga sedang melakukan penataan jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Divisi sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Banggai, Alwin Palalo kepada Luwuk Times, Rabu (24/06/2020) mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan pembentukan PPDP. Untuk jumlah personil PPDP disesuaikan dengan kuantitas TPS. “Setiap TPS ada satu personil PPDP,” kata Alwin. Sedang salah satu syarat PPDP yakni usia 20 sampai dengan 50 tahun.

Searah dengan rekrutmen PPDP, sehingga KPU Kabupaten Banggai tambah Alwin saat ini juga sedang melakukan pemetaan jumlah TPS. “Sedang Pemetaan TPS,” kata Alwin.

Baca juga: Pilkada Serentak di Era New Normal, Begini Pesan Ketua KPU Sulteng

Estimasi awal adalah sebanyak 735 TPS dengan jumlah pemilih per TPS maksimal 500 orang. Akan tetapi jumlah TPS tadi itu masih ada potensi terjadi penambahan. “Jumlahnya masih berpotensi bertambah. Makanya kami masih melakukan pemetaan,” jelas Alwin.

Sekadar mengingatkan, pada pemilu legislatif 2019, KPU Kabupaten Banggai mengalokasikan 1.171 TPS, dengan per TPS nya diisi maksimal 300 pemilih. *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: