Duet Tuty-Richard di Pilkada Makin Pasti, Harsono: Bakal Didukung Koalisi Gemuk

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Banggai Laut, Tuty Hamid dan Richard Manuas.

Luwuk, LUWUK TIMES— Partai NasDem dan Demokrat dipastikan mengusung pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati Tuty Hamid-Richard Manuas di Pilkada Banggai Laut (Balut) 9 Desember 2020. Sekalipun sokongan kedua parpol itu telah melampaui syarat minimal jumlah kursi koalisi, namun tidak mustahil paket Tuty-Richard akan mendapat dukungan parpol lainnya.

Personil tim 11 calon bupati Balut Tuty Hamid, Harsono Moidady kepada Luwuk Times, Senin (29/06/2020) kemarin mengatakan, sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai NasDem Kabupaten Balut, Tuty Hamid tidak memiliki rival di internal. Di atas angin, Wakil Bupati Balut ini mengantongi rekomendasi DPP Partai NasDem sebagai calon Bupati Balut.

Bahkan sambung Harsono, hasil survei Media Survei Indonesia (MSI) yang dipercayakan DPP NasDem untuk melakukan survei di pilkada, menempatkan Tuty Hamid sebagai calon yang memiliki elektabilitas serta tingkat keterpilihan sangat tinggi.

Harsono belum menyebut berapa persentase hasil survei MSI terhadap kandidatnya itu. Alasannya, dalam waktu dekat ini MSI akan merilis resmi hasil survei tersebut.

 

Baca juga: Hindari Nepotisme, Partai Golkar Minta Seleksi PPDP Diawasi PPK

 

“Ada 50 personil tim survei MSI. 25 orang survei di pulau Banggai. Sedang 25 orang lainnya di pulau Labobo Bangkurung. Hasil surveinya menempatkan ibu Tuty tertinggi. Tapi untuk hasil resminya akan langsung dirilis MSI sehari dua,” kata Harsono.

Selain NasDem, Partai Demokrat juga memberi sinyal kuat terhadap Tuty Hamid. Dan kabar itu kata Harsono langsung disampaikan Tuty Hamid kepadanya. “Tadi pagi ibu Tuty menginformasikan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng, Anwar Hafid. Awal bulan Juli, ibu Tuty berangkat ke Jakarta untuk menjemput rekomendasi Partai Demokrat,” kata Harsono.

Soal siapa pendamping Tuty Hamid, Harsono mempertegas yaitu Richard Manuas yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Balut. “Paketnya sudah paten. Ibu Tuty menggandeng pak Richard,” ucap dia.

Sebenarnya koalisi NasDem-Demokrat sudah cukup mengantarkan Tuty-Richard mendaftar di KPU sebagai salah satu kontestan di pilkada. Sebab syarat minimal 20 persen kursi sudah dilampaui duet itu. Akan tetapi, PKS dan Partai Hanura memberi sinyal kuat untuk menambah kekuatan koalisi.

“NasDem 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PKS 2 kursi dan Hanura 2 kursi. Totalnya ada 12 kursi dari 20 kursi di DPRD Balut. Kemungkinan besar Tuty-Richard didukung koalisi gemuk,” ucap politikus yang akrab disapa Om Potik ini. *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: