Calon Petahana Melantik Pejabat Eselon Mengemuka di Bimtek Pencalonan

Sophansyah Yunan dan Marwan Londol

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Pelantikan pejabat dilingkup Pemda Banggai oleh Bupati Banggai H. Herwin Yatim di range waktu kurang dari 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon (paslon) di pilkada, masih saja menjadi isu yang hangat.

Pada sosialisasi tata cara pencalonan pemilihan serentak di masa pandemi yang dilaksanakan KPU Banggai di hotel Estrella, Sabtu (15/08/2020), hal tersebut mengemuka.

Ketua DPC PPP Kabupaten Banggai, H. Sophansyah Yunan, yang melontarkan pertanyaan itu kepada narasumber tunggal komisioner KPU Sulteng, Sahran Raden.

“Bagaimana dengan calon petahana yang melantik pejabat eselon. Apakah ada sanksi pembatalan,” demikian Sophansyah.

Sahran tak ingin terjebak dengan pertanyaan tersebut. Sehingga Sahran hanya memberi jawaban normatif.

“Terkait sanksi petahana yang melantik, saya tidak bisa sampaikan. Karena sekarang belum masuk tahapan pendaftaran,” kata Sahran.

“Tetapi ketentuan normatifnya, 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon, calon petahana tidak bisa melantik pejabat daerah. Undang-undang nomor 10/2016 dan PKPU yang mengaturnya,” jawab Sahran.

Fungsionaris PDIP, Marwan Londol yang hadir pada kegiatan itu memberi pernyataan singkat. “Saya sepakat dengan jawaban narasumber. Karena saat ini memang belum masuk tahapan pendaftaran paslon. Jadi belum saatnya dijawab,” kata Marwan. *

Baca juga: KPU akan Tetapkan DPS, Makmur: Tak Terdaftar segera Melapor

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: