Aplikasi SIPS Sebagai Bentuk Transparansi Kinerja Bawaslu

Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Bece Abd. Junaid memberikan sambutan pada bimtek SIPS di kantor Bawaslu Banggai, Rabu (25/06/2020). (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUK TIMES— Bawaslu Kabupaten Banggai Rabu (25/06/2020) melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) tentang sistem informasi penyelesaian sengketa (SIPS) di kantor Bawaslu Banggai. Sejumlah partai politik yang memiliki seat di DPRD Banggai yang menjadi pesertanya.

Menurut komisioner Bawaslu Kabupaten Banggai, Muh. Adamsyah Usman kepada Luwuk Times, Jumat (26/06/2020), SIPS merupakan sistem informasi pelayanan penyelesaian sengketa pilkada 2020. Tujuan bimtek agar partai politik dapat mengetahui tentang tata cara pengajuan permohonan sengketa via online berbasis IT.

Layanan permohonan sengketa menggunakan aplilasi SIPS kata Adamsyah, baru diterapkan oleh Bawaslu. Aplikasi ini juga selain akan memudahkan para peserta pemilihan dalam memasukkan permohonan sengketa di Bawaslu. Sekalipun nantinya peserta mengajukan permohonan secara manual yakni mengantar langsung ke kantor Bawaslu. “Meski manua, tetap akan diarahkan permohonan tersebut diinput dalam sistem SIPS,” kata Adamsyah.

 

Baca juga: Kemarin Bawaslu Kabupaten Banggai Gelar Empat Kegiatan

 

Layanan ini sambung personil Sentra Gakkumdu Kabupaten Banggai juga sebagai kontrol dari Bawaslu RI. “Ketika permohonan terinput di sistem, maka secara nasional akan diketahui di Bawaslu RI,” jelas Adamsyah.

Dan ini sebagai bentuk transparansi dan kontrol publik kepada Bawaslu, mengingat dapat diakses luas.

Adam-sapaannya menginformasikan, rencananya Bawaslu Banggai akan melaksanakan kegiatan sosialisasi Perbawaslu nomor 2/2020 tentang tata cara penyelesaian sengketa. “Nanti akan diagendakan,” kata Adam. *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: