Alasan Jarak Berjauhan, Desa Sampaka Butuh Penambahan TPS

Kepala desa Sampaka Munawir Kunjae (dua dari kiri) bersama Ketua PPK Bualemo Aswan Banang, saat membahas penambahan TPS di desa Sampaka. (Foto: Istimewa)

Bualemo, LUWUK TIMES— Desa Sampaka Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai mendapat porsi 2 tempat pemungutan suara (TPS) dari KPU Banggai pada pilkada serentak 2020. Jumlah itu dianggap tidak ideal. Warga disana butuh penambahan TPS.

 

Kepala desa Sampaka Munawir Kunjae kepada Luwuk Times, Selasa (21/07/2020) mengatakan, pada pemilu legislatif dan pemilu presiden/wakil presiden 2019 lalu, desanya memiliki 4 TPS. Akan tetapi di pilkada tahun ini jumlahnya berkurang tinggal 2 TPS.

 

Berdasarkan ketentuan sambung Munawir, per 1 TPS hanya bisa mengakomodir 500 pemilih. Sementara di desa yang dipimpinnya itu tercatat sebanyak 700 wajib pilih. Sehingga KPU memporsikan 2 TPS.

 

Akan tetapi sambung mantan jurnalis ini, kondisi geografis di Desa Sampaka yang tidak memungkinkan hanya 2 TPS. Alasannya, jarak desa induk ke 2 sub desa yakni dusun 3 benteng dan dusun 4 tanah merah, cukup jauh masing-masing berjarak 2,5 km dan 3 km.

 

Idealnya, KPU dapat menambah 1 TPS di dusun 3 Benteng. Sehingga persoalan letak geografis tadi bisa teratasi. “Saya khawatir, warga di dusun 3 Benteng tidak akan memilih, dengan alasan jarak tempuh yang jauh,” kata Munawir.

 

Sementara itu, Ketua PPK Bualemo Aswan Banang mengaku, bila melihat dari sisi jarak tempuh di desa Sampaka, idealnya 3 TPS. Dan apa yang menjadi saran dan masukan dari pemerintah setempat kata Aswan telah disampaikan ke KPU.

 

Pendapat KPU lanjut dia, masih melakukan pencoklikan terlebih dahulu. Setelah itu akan dicermari kembali apakah bisa dilakukan penambahan TPS atau tidak. Sebab dengan penambahan TPS, maka berkonsekwensi pada penambahan anggaran.

 

Sekadar mengingatkan, pada pilkada 2020, KPU Banggai telah menyiapkan sebanyak 753 TPS yang tersebar di 23 kecamatan se Kabupaten Banggai. *

 

Baca juga: Hanura Banggai Gelar Muscab, Supadiyasa Diprediksi Calon Tunggal

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: