31 Temuan Ditindaklanjuti Bawaslu, Adamsyah: Untuk Pelanggaran Administrasi Menjadi Tugas KPU

Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Banggai, Muh. Adamsyah Usman. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUK TIMES— Sebanyak 31 temuan telah diregistrasi sekaligus telah direkomendasikan Bawaslu Kabupaten Banggai kepada instansi yang berkompoten. Dari sejumlah pelanggaran itu, diantaranya netralitas ASN dan kepala desa (kades) di Pilkada Banggai 2020.

Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Banggai, Muh. Adamsyah Usman yang ditemui Luwuk Times di kantornya, Rabu (08/07/2020) merincikan, dari 31 temuan itu, 29 diregistrasi oleh Bawaslu Kabupaten Banggai, satu Panwascam Lamala dengan pelanggaran netralitas Kades dan satu Panwascam Balantak Selatan soal netralitas ASN. “Keduanya kategori pelanggaran hukum lainnya,” kata Adamsyah.

Sebanyak 9 kasus netralitas ASN lanjut Adam, pihaknya sudah merekomendasikan kepada Komisi ASN, 14 kasus netralitas Kades direkomendasikan kepada Bupati Banggai dan 4 pelanggaran kode etik program kelurga harapan (PKH) sudah direkomendasikan ke Kementrian Sosial (Kemensos).

 

Baca juga: Sampai Detik Ini Hanura Banggai Masih ke Paslon Bali-Heppy

 

Masih dengan penjelasan Adam, tindak pidana pemilihan satu dihentikan oleh Sentra Gakkumdu Kabupaten Banggai pada pembahasan kedua. Sedang satu pelanggaran administrasi pemilihan Bawaslu Banggai telah meneruskannya ke KPU.

“Untuk pelanggaran administrasi menjadi tugas KPU selanjutnya, yakni disaat tahapan pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati Banggai,” kata Adam. *

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: