15 Juni Tahapan Lanjutan, Tanwir: PKPU Harus ada Minggu Depan

Ketua KPU Provinsi Sulteng, Tanwir Lamaming. (Foto: Istimewa)


Luwuk, LUWUKTIMES.com— Tahapan lanjutan pemilihan serentak resmi dimulai tanggal 15 Juni 2020. Dengan demikian kata Ketua KPU Provinsi Sulteng, Tanwir Lamaming, peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) yang baru sudah harus ada pekan depan.

“Karena tahapan dimulai 15 Juni, maka PKPU harus ada minggu depan,” kata Tanwir yang diminta tanggapan Luwuktimes.com, Minggu (07/06/2020).


Baca juga: Anggota PPK dan PPS dari Zona Merah Harus Dikarantina


Yang jelas kata Tanwir, rancangan PKPU yang telah diuji publik sejak tanggal 16 Mei 2020 itu kapan pengesahannya, pihaknya masih menunggu. Karena di dalam PKPU itu mengatur tentang semua tahapan penyelenggaraan pemilihan serentak yang voting day nya jatuh di tanggal 9 Desember 2020. “Kita masih menunggu juga,” kata Tanwir.

Rancangan PKPU tentang perubahan ketiga atas PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota itu ada 2 opsi.

Lalu apa perbedaan dari 2 opsi itu? Pertanyaan itu kembali dijawab Tanwir. “Opsi yang ada lebih pada starting awal saja. Karena semula akan dimulai 6 Juni kemudian bergeser ke 15 Juni 2020,” jelas Tanwir. *

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: