Peringati Tahun Baru Islam, PHBI Pusatkan di Panti Asuhan Aisiyah

PHBI Banggai memperingati 1 Muharam 1442 H, di panti asuhan Aisiyiah Luwuk, Jumat (21/08/2020). Kegiatan itu dilaksanakan sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Foto: Dokumen PHBI Kabupaten Banggai)

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Peringatan 1 Muharam 1442 H tak semarak sebelum masa pandemi. Sedikitpun tidak mengurangi kehikmatan dari perayaan tahun baru Islam tersebut.

Tahun ini, PHBI Kabupaten Banggai memusatkan kegiatan itu di Panti Asuhan Aisyiah Kecamatan Luwuk. Selain giat sederhana dengan jumlah peserta terbatas juga mengacu pada protokol kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (21/08/2020) itu diawali dengan pembacaan surat dari Satgas covid-19 tentang hal-hal yang harus ditaati tentang protokol kesehatan. Dan ketentuan itu ditaati PHBI.

Semua jamaah diperiksa suhu badan dengan alat thermo gun, semua memakai masker dan cuci tangan serta mengatur jarak.

Staf Ahli Pemda Banggai Jayadin yang mewakili Bupati Banggai dalam sambutan mengatakan, di tahun baru Islam ini mengajak pada perbuatan kebajikan. Terlebih lagi dalam menghadapi momentum pilkada. Masyarakat Banggai tetap menjaga keamanan serta hindari permusuhan.

Sekretaris PHBI Banggai, Ustad Ramli Hasan menjadi pembawa tauziah pagi itu. Intinya dia menyampaikan tentang keutamaan bulan Muharam, dimana banyak peristiwa yang dialami para nabi. Dan pada bulan wahid Islam itu, banyak pengampunan yang diberikan Allah Swt.

Sementara itu, Ketua PHBI Kabupaten Banggai, Alfian Djibran mengatakan, sekalipun di era pandemi yang serba terbatas, tapi PHBI tetap konsisten dalam melaksanakan salah satu hari besar Islam ini.

Tujuannya tak lain kata Alfian, sebagai bentuk syiar Islam, yang tentu saja terus dikobarkan.

Alfian memberi ucapan terima kasih kepada pengelola Panti Asuhan Aisiyah, yang telah bekerjasama dengan PHBI. Termasuk Pembina dan para santri juga diapresiasi Alfian.

Tetap gaunkan ghira fastabiqul haerat, semangat berlomba dalam kebajikan sesuai tema tahun baru Islam ini, yakni menuju hidup lebih baik. Dan hal itu kata Alfian, sejalan dengan yang disampaikan Buya Hamka bahwa umat Islam sejalan dengan semangat ghira dlm berbuat amalia.

“Bila semangat itu hilang, maka ibarat kita hidup tetapi semangat itu mati,” kata Alfian mengutip statemen Buya Hamka.

Alfian juga mengajak umat untuk membantu program pemerintah, menjaga hubungan sesama umat Islam dan toleransi dengan umat lain.

Pada penghujung acara, PHBI Banggai memberikan santunan berupa sembako mi instant, telur, gula pasir, minyak goreng, biskuit kepada panti asuhan tersebut. Bantuan itu selain dari pengalangan PHBI juga donatur dari BSM.

Turut hadir, pejabat yang mewakili Polres Banggai, Kemenag, Camat Luwuk, pimpinan daerah Aisiyah, pengurus Basnaz dan pengurus PHBI Banggai. *

Baca juga: Peringati HUT RI ke 75, Hanira Lasantu Prakarsai Fun Bike di Lobu

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: