Hentikan Polemik di Media Tentang Rangkap Jabatan Ketua PMI Banggai

Ketua PMI Kabupaten Banggai, Fuad Muid (kiri) bersama tokoh muda Babasal Abdi H. Kadir alias Ndong. (FOTO ISTIMEWA)

 

Luwuk, LUWUKTIMES.com— Tokoh muda Babasal, Abdi H. Kadir meminta untuk menghentikan polemik di media tentang penilaian rangkap jabatan oleh Fuad Muid sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banggai sekaligus anggota DPRD.

“Sebagai pemuda Babasal saya berharap polemik ini dan jangan selalu diumbar di media. Karena ini menyangkut harga diri dan ketokohan om Fuad sekaligus menjadi kebanggaan tumpu Nulipu,” kata Abdi H. Kadir.

“Saya khawatir jika ini terus diviralkan di media, dapat menimbulkan kemarahan masyarakat lokal. Kalau memang secara yuridis tidak dibolehkan, kami anak negeri yang akan memohon kepada om Fuad untuk mundur dari jabatan. Tapi kalau ketentuan tidak melarang sebagaimana daerah lain yang masih rangkap jabatan, maka kami pemuda Babasal yang akan berada digaris depan membela om Fuad,” tambah pria yang biasa disapa Ndong.

Dia menduga, ada skenario yang sengaja dibangun untuk meruntuhkan wibawa tokoh lokal Kabupaten Banggai. Sebagai Ketua DPRD, pinta Ndong, jangan hanya bicara di media. Ketika Fuad Muid dianggap melanggar undang-undang MD3, maka silahkan diproses sesuai mekanisme yang berlaku.

Tapi kalau itu masih dibolehkan harusnya Suprapto sebagai sesama kader PDIP berdiri di garis terdepan untuk membela Fuad Muid sebagai orang tua.

Ndong mengaku, terkait pengunduran, Fuad Muid telah berulang kali menjelaskan bahwa pengunduran dirinya itu hanya dalam rangka melengkapi persyaratan. Tapi ternyata tidak dibutuhkan sehingga ditarik kembali.

Pembelaan Ndon terhadap Fuad Muid bukan tanpa alasan. Dia memberikan sejumlah contoh di daerah lain, sekalipun menjadi anggota dewan, namun diperbolehkan menjabat sebagai Ketua PMI.

Dia merincikan, Ketua PMI Provinsi Kendari merangkap sebagai Ketua DPRD, Ketua PMI Deli Serdang juga Ketua Fraksi di DPRD, Ketua PMI Morowali sekaligus Ketua DPRD, Ketua PMI Kota Gorontalo juga Ketua DPRD Kota Gorontalo, Ketua PMI Provinsi Lombok merangkap anggota DPRD, anggota DPRD Gowa Rahmansyah merangkap pengurus PMI Sulsel, Ketua PMI Sumatera Utara merangkap anggota DPD RI dan Ketua PMI Bekasi juga anggota DPRD Jawa Barat.

“Jadi bukan cuma om Fuad Muid yang Ketua PMI Kabupaten Banggai sekaligus Ketua Komisi 3 DPRD Banggai. Masih ada ratusan contoh lain yang merangkap jabatan,” tutup dia. *

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: