Dari 291 Desa, Tiga Desa Belum Salurkan BLT Kepada Warga

Sekretaris DPMD Kabupaten Banggai, Hasan Bhaswan DG Masikki, bersama Bupati dan Wakil Bupati Banggai, saat menyalurkan BLT kepada warga di Desa Dondo Sobili, Kecamatan Bunta, Kamis (11/06/2020).


Luwuk, LUWUKTIMES.com— Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I di Kabupaten Banggai, belum tuntas. Dari 291 desa, masih ada 3 desa yang hingga kini belum menyalurkan bantuan yang bersumber dari dana desa itu kepada warganya.

Kepala Seksi Keuangan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai, Adrianto Bakari mengatakan, tiga desa yang hingga pertengahan Juni ini belum menyalurkan BLT itu, yakni Desa Bunga, Lambuli dan Bantayan.

“Untuk BLT, penyaluran pertama sudah 288 desa. Masih 3 desa yang belum. Untuk penyaluran kedua, sudah 39 desa,” terang Adri, sapaannya, Jumat (12/06/2020).

Menurutnya, seluruh desa di Kabupaten Banggai saat ini telah mencairkan dana desa tahap pertama. Termasuk 3 desa yang belum menyalurkan BLT dana desa tersebut.


Baca juga: Pedagang Kecil di Kilolima Mengaku tak Tersentuh Bantuan Covid-19


“Untuk dana desa tahap I, penyaluran pertama 15 persen dan penyaluran kedua 15 persen. Itu sudah semua desa. Sedangkan untuk tahap II, 3 desa sudah disalurkan sebesar 40 persen sesuai dengan PMK. Dan 117 desa juga sudah disalurkan 15 persen untuk penyaluran pertama di tahap II,” terangnya.

Meski dana desa sudah disalurkan, namun Desa Bunga, Desa Lambuli dan Desa Bantayan, belum dapat menyalurkan BLT kepada warganya. “Tiga desa ini Masih melakukan perubahan penerima BLT sesuai musyawarah desa. Sampai sekarang belum ada kesepakatan terkait penerima BLT itu,” ucapnya.

Adri mengaku pihaknya telah mendesak pemerintah desa, khususnya di 3 desa tersebut, untuk mempercepat penyaluran BLT dana desa kepada warganya yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami sudah menyampaikan ke desa-desa untuk percepatan penyaluran dana desa. Juga difasilitasi oleh pihak kecamatan dan pendamping desa tentang percepatan penyaluran BLT dana desa,” pungkasnya. *

Penulis: Fan

Editor: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: