Atlet Protes Indikator Penobatan Pemerhati Olahraga, Ini Klarifikasi Kadispora

Bupati Banggai Herwin Yatim dan Kadispora Syofyan Lalusu foto bersama dengan para penerima penghargaan pemerhati olahraga pada malam ramah ramah peringatan 17 Agustus. (Foto: Istimewa)

Luwuk, LUWUKTIMES.COM – Penobatan penghargaan kepada delapan orang sebagai pemerhati olahraga pada peringatan 17 Agustus 2020, menuai protes dari kalangan atlet.

Selain mempertanyakan tentang indikator dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banggai juga penghargaan itu terkesan hanya diberikan kepada cabang olahraga tertentu.

“Tak jelas parameternya. Begitu pula hanya dua cabang olahraga yang dinobatkan sebagai pemerhati olahraga. Sementara cabang olahraga lainnya tidak ada,” keluh salah seorang atlet dari cabang atletik kepada Luwuktimes.com, Selasa (18/08/2020).

Memang kata sumber yang meminta identitasnya tak disebut itu mengaku, pemberian reward pemeharti olahraga merupakan kewenangan Dispora. Hanya saja, OPD teknis itu harus berkoordinasi dengan KONI sebagai induk olahraga.

“Leading sektornya Dispora. Tapi teknisnya ada di KONI. Mestinya Dispora koordinasi dengan KONI. Karena induk olahraga itu yang tahu persis teknisnya,” ucap sumber.

Kepala Sekretariat KONI Kabupaten Banggai, Sugiarto Djanun yang ditemui tidak memberi komentar. Dia hanya menyarankan untuk konfirmasi kepada Kadispora Kabupaten Banggai. “Sebaiknya ke pak Kadispora saja,” kata Sugiarto singkat.

Ditemui di kantornya, Kadispora Banggai Syofyan Lalusu mengaku, untuk merumuskan nama-nama penerima penghargaan itu, diperhadapkan dengan waktu yang sempit. Sehingga kata Syofyan hanya sebatas kategori pemerhati olahraga saja.

“Baru satu kategori, yakni pemerhati olahraga. Itupun jumlahnya sedikit,” kata Syofyan.

Soal adanya kritikkan dari pegiat olahraga, Syofyan mengaku dapat memahaminya. “Pastilah ada pro konta,” kata dia. Tapi yang jelas, pengakomodiran delapan nama itu jauh dari tendensi politik.

Terepas dari dinamika itu, Syofyan berjanji, pemberian penghargaan dari Dispora masih akan berlanjut pada peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2020.

“Pada peringatan sumpah pemuda nantinya kategorinya diperluas. Sudah pasti jumlahnya lebih banyak. Sebab selain pemerhati olahraga juga Pengcab dan atlet berprestasi. Dan sudah pasti kami akan berkoordinasi dengan KONI,” kata Syofyan. *

Baca juga: Sambut Tahun Baru Islam 1442 H, PHBI Gelar Kegiatan Sederhana

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: