Ratusan Bibit ‘Barito’ segera Disalurkan Gratis ke Rakyat

Mustar Labolo

____

LUWUK TIMES.com— Pemda Banggai komitmen dengan gebrakan ketahanan pangannya, menyusul status darurat covid-19 yang hingga kini belum diketahui kapan berakhir.

Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) dan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Banggai akan menyalurkan ratusan bibit secara gratis kepada masyarakat.

Kabar gembira ini disampaikan Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo kepada wartawan, Senin (06/04/2020).

“Tiga atau empat pekan kedepan, Dinas TPHP dan Ketapang akan membagikan kepada warga secara gratis,” kata Mustar.

Ratusan bibit yang akan diberikan secara cuma cuma itu yakni barito (bawang, rica dan tomat).

Kata Mustar, gerakan menanam ini sangat penting. Selain memasifkan program Pemda piana kintal suani juga penguatan ketahanan pangan dalam menghadapi virus covid-19 yang semakin mewabah.

Bagi warga yang tidak memiliki lahan untuk ditanami barito lanjut Mustar, halaman rumah jabatan (rujab) wakil bupati dapat dimanfaatkan.

“Silakan pakai halaman rujab Wabup. Warga yang menanam, memelihara dan sekaligus memetik hasilnya. Cukup luas. Ada 2 hektar. Nanti bisa manfaatkan 5×5 meter atau 5×10 meter per warga,” kata Wabup.

Baca Juga:

Antisipasi Kelangkaan Beras, Irwanto Kulap Sarankan Diversifikasi Pangan

Melalui pemanfaatan pekarangan sendiri, tak sekadar mensiasati kebijakan pemerintah pusat tentang stay home atau tinggal di rumah. Tapi juga kedepannya, warga tidak lagi disibukkan ke pasar untuk berbelanja. Sebab sudah ada komoditi yang di panen di depan rumah.

Dalam rangka menjaga stabilitasi inflasi daerah, Pemda Banggai juga berencana akan membeli beras di tingkat petani. Langkah ini diambil untuk kesediaan stok beras kedepan.

“Saat panen, Pemda akan beli beras petani dengan harga sesuai. Nantinya beras itu dijual kembali kepada masyarakat dengan harga murah. Kebijakan itu diambil saat kondisi emergensi,” kata Mustar.

Saat video conference dengan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, orang nomor satu di Sulteng ini mengapreasiasi langkah Pemda dalam menyikapi kelangkaan beras.

“Pak gubernur mendukung sikap Pemda Banggai yang melarang komoditi beras keluar daerah. Ini dilakukan untuk ketersediaan stok beras di Kabupaten Banggai,” kata Mustar. (ip)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: