Pemberlakuan New Normal dan Standar Pelayanan Sektor Usaha Disepakati

Bupati Banggai, Herwin Yatim bersama wakilnya Mustar Labolo pada rapat persiapan penerapan new normal, di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Kamis (02/07/2020). (Foto: Humas Pemda Banggai)

Luwuk, LUWUK TIMES— Bupati Banggai, Herwin Yatim didampingi wakilnya, Mustar Labolo memimpin rapat persiapan penerapan new normal, bertempat di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Kamis (02/07/2020).

Kegiatan yang dihadiri unsur Forkopimda dan Sekretaris Daerah itu menyepakati sejumlah pemberlakuan new normal serta standar pelayanan di sektor usaha.

Dalam sambutan bupati berujar, pemerintah sangat menginginkan roda ekonomi dapat berjalan normal. Tapi dilain sisi, pandemi covid19 masih saja mengancam. Bahkan sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya.

Olehnya bupati berharap, ketentuan yang tertuang dalam pemberlakuan new normal itu harus diawasi dengan ketat, sehingga benar-benar menyeimbangkan antara kebijakan terkait ekonomi dan pencegahan covid-19.

Kepada tim gugus tugas penanganan covid-19 mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa, bupati mengucapkan terima kasih. Karena selama kurun waktu tiga bulan telah bekerja keras dalam penanganan virus pandemik itu.

Bertalian dengan penerapan new normal, bupati berharap pelaksanaannya di lapangan harus massif. Sebagai tim anjur bupati, harus memberikan contoh pelaksanaan protokol kesehatan. Dan itu dimulai dari diri sendiri.

“Bagaimana penerapan physycal distancing, memakai masker dan menjaga kesehatan,” kata bupati.

Kepada TNI/Polri harapan bupati agar mendukung sekaligus membantu Pemda dalam pelaksanaan menuju new normal di Kabupaten Banggai.

“Saya juga berharap dukungan aparat TNI/Polri bersama Satpol PP, Dinas Perhubungan dan tim gugus tugas untuk melaksanakan sweping masker secara masif,” kata bupati.

Dalam pengawasan pemberlakuan new normal akan dilakukan oleh tim Pemda terdiri dari TNI/Polri, Satgas Covid-19 serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dan apabila ketentuan tidak ditaati, maka akan dilakukan tindakan tegas, yaitu penutupan disertai pencabutan Izin dari Pemda dan izin keramaian dari kepolisian. *

 

Kesepakatan Pemberlakuan New Normal dan Standar Pelayanan Bagi Sektor Usaha

  1. Seluruh karyawan wajib memakai face shild penutup wajah, masker dan sarung tangan saat berjabat tangan
  2. Karyawan dan pembeli wajib mengukur suhu tubuh menggunakan thermo gun sesuai ketentuan protokol kesehatan 37.5 derajat, apabila melebihi wajib dilaporkan ke Tim Satgas Covid-
  3. Para tamu/pembeli dilarang menyentuh pintu gedung perbelanjaan (harus ada petugas penjaga pintu atau doorman).
  4. Guna mengurai kerumunan bagi tempat hiburan/karaoke dan fasilitas olahraga agar dikurangi kapasitas ruangan/lapangan.
  5. Tamu atau pembeli wajib memakai masker dan mencuci tangan.
  6. Bagi para pelaku usaha yang mempekerjakan Karyawan dari luar daerah wajib dilakukan rapid test.
  7. Jam Operasi Tempat Hiburan Tempat karaoke 10.00 -24.00 Fasilitas olahraga 08.00-24.00

 

Sarana dan Prilaku Menyongsong New Normal

  1. Gedung atau ruangan harus steril dilakukan penyemprotan desinfektan
  2. Jaga jarak minimal 1 meter
  3. Menghindari kerumunan di tempat umum
  4. Menyiapkan sarana cuci tangan
  5. Mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer
  6. Memakai masker
  7. Menyiapkan alat pengukur suhu (thermo gun)
  8. Menggunakan hand gloves (sarung tangan) bagi pelayanan konsumen
  9. Hindari kontak langsung yang bersentuhan (jabat tangan)
  10. Transaksi keuangan diupayakan secara nontunai

 

Penulis: Sofyan Labolo

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: