Pasien Covid-19 Bertambah, Ini Pesan Herwin Buat Rakyatnya

Bupati Banggai Herwin Yatim. (Foto: Istimewa)


LUWUKTIMES.com— Pasien Covid-19 di Kabupaten Banggai bertambah 1 orang. Sehingga total warga yang terkonfirmasi positif corona menjadi 4 orang. Sebagai kepala daerah, Herwin Yatim prihatin.

Melalui wartawan media ini Kamis (21/05/2020), beragam pesan yang disampaikan Herwin buat masyarakatnya.

Herwin mengaku, Idul Fitri 1441 H tahun ini sangat jauh beda dengan tahun tahun sebelumnya. Itu disebabkan adanya wabah virus covid-19.

Sebagai bupati kata Herwin tentu sangat berharap dengan bertambahnya pasien terpapar Covid-19 ini masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan dengan terus mematuhi perintah dan instruksi pemerintah serta lembaga kesehatan dunia WHO.

“Ketika akhirnya kabupaten Banggai sudah pasti ada 3 warga yang terpapar ditambah 1 lagi yang baru hari ini, maka semua kita sudah wajib semakin waspada dan harus patuh atas instruksi pemerintah dan Lembaga WHO untuk bisa selamat dari paparan virus Corona ini,” ucap Bupati.

Di musim pandemi ini, Bupati dalam setiap kesempatan selalu berpesan kepada warganya untuk tetap tinggal di rumah sekaligus memanfaatkan lahan dan pekarangan rumah untuk menanam atau dengan istilah lokal mondiamo tanò.

Pesan lain Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai ini, kepada warga yang keluar rumah wajib memakai masker dan wajib jaga jarak dan sering mencuci tangan.

“Kita harus selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu saya optimistis kita mampu bertahan dan menang melawan virus corona,” kata Herwin.

Jika semua kita disiplin dan taat maka Herwin percaya bahwa kehidupan kita memasuki situasi dan kondisi kehidupan normal yang baru. Sehingga selamat dalam hadangan virus berbahaya ini.

PASIEN COVID-19 BERTAMBAH

Juru bicara tim gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam melaporkan, untuk pasien terkonfirmasi positif covid-19 saat ini sebanyak 4 orang, dengan rincian 3 Positif Covid-19 yang lama dan 1 pasien corona baru.


Baca juga

Hasil Rapid Test, Enam Warga Reaktif Covid-19


“Pasien lama sementara di rawat di ruang isolasi khusus rumah sakit untuk perawatan dan pengobatan lebih lanjut. Sedang 1 pasien baru sementara isolasi di SKB untuk mendapatkan pengobatan,” kata Nurmasita.

Hari ini sambung Nurmasita, hasil pemeriksaan swab 2 orang diterima dari Dinkes propinsi Sulteng, 1 orang hasilnya negatif yakni PDP 10. Sementara 1 orang lagi hasilnya positif. Untuk pasien positif baru ini adalah sebelumnya status ODP 50.

“Yang terkonfirmasi (+) covid-19 sementara di isolasi di SKB untuk pendapatkan pengobatan dari tim medis,” jelas Nurmasita.

Tim medis gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Banggai juga dihari yang sama telah melakukan kegiatan penyelidikan epidemiologi terhadap semua yang kontak erat dengan terkonfirmasi (+) covid -19 sebanyak 21 orang.

Dari total 21 orang sebanyak 4 orang telah di lakukan pemeriksaan rapid test, hasil semuanya non reaktif.

Untuk mereka yang kontak erat dengan terkonfirmasi (+) covid-19 dilakukan isolasi mandiri dan pemantauan oleh petugas selama 14 hari.

“Dan sisa kontak erat yang belum dilakukan pemeriksaan rapid test akan dilanjutkan besok,” tutup Nurmasita. *


(im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: