Malam Ke 2 Ramadhan, Jamaah Sepakat Shalat Tarwih Berjamaah di Masjid

Para jamaah masjid Baiturrahim Luwuk yang menggelar shalat tarwih berjamaah tadi malam.


LUWUKTIMES.com— Malam kedua Ramadhan, sejumlah masjid dalam kota Luwuk menggelar shalat tarwih. Salah satunya di masjid Baiturrahim Luwuk. Namun sebelum menunaikan shalat sunnah yang dianjurkan di bulan puasa itu, imam masjidnya meminta kesepakatan para jamaahnya.

“Saya berdiri disini berkapasitas sebagai jamaah. Sebelum kita memulai shalat tarwih, saya minta kesepakatan para jamaah,” kata imam masjid Baiturrahim Zainudin, Jumat (24/04/2020).

Para jamaah pun menjawab dengan kompak, “sepakat”. Lalu Zainudin menyambung, kalau begitu kita bersama sama bertanggung jawab melaksanakan shalat tarwih malam ini.

Para imam sebelumnya diundang Pemda Banggai. Agenda dalam pertemuan itu membahas tentang pelarangan shalat tarwih berjamaah di masjid selama Ramadhan.

“Seperti itu antara lain hasil rapat nya. Makanya saya minta dulu kesepakatan jamaah,” kata Zainudin.

Di tengah pandemi virus covid-19, kita dituntut mengikuti semua protokoler kesehatan. Termasuk kata Zainudin dalam melaksanakan shalat.

“Saya mohon kita kerjasama mematuhi protokoler covid. Shalat pake masker. Masjid ini juga telah menyiapkan tempat cuci tangan. Saya minta fasilitas itu dimanfaatkan,” kata dia.

Baca juga :

Shalat Tarwih di Rumah, Bupati: Saya Siap Pertanggungjawabkan Dunia dan Akhirat

Dan bagi para jamaah yang merasa diri berasal dari zona merah, imbau Zainudin untuk isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

“Saya mohon dengan sangat, patuhi protokoler kesehatan covid-19,” kata dia lagi.

Bahkan tekan Zainudin, bagi jamaah yang memiliki penyakit kronis, seperti batuk dan sesak nafas, diharapkan tidak datang dulu ke masjid. Karena sangat rentan terjangkit.

Pesan lain dia, para jamaah juga harus berasal dari wilayah sekitar. Sehingga mudah terdeteksi baik riwayat kesehatan maupun riwayat berkunjung.

Shalat Tarwih di masjid Baiturrahim tadi malam diikuti puluhan jamaah, yang terdiri dari belasan shaf laki laki dan shaf perempuan.

Tidak ada tauziah atau ceramah pada shalat tarwih dan witir yang berdurasi sekitar 30 menit tersebut. *

(st)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: