LSI Tepis Hasil Survei Penanganan Covid-19 di Kabupaten Banggai Titipan Kandidat

Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Ikram Masloman. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk, LUWUK TIMES— Survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) terhadap penanganan covid-19 yang dilaksanakan Pemda Banggai menunjukkan hasil memuaskan. Bahkan dari hasil surveinya, LSI memberi rapor hijau.

Peneliti LSI, Ikram Masloman kepada Luwuk Times, buru-buru menepis anggapan bahwa survei yang dilaksanakan di tahun politik tersebut merupakan titipan atau pesanan dari kandidat tertentu.

“Oh ngak. Karena kita lembaga survei profesional. Yang bisa jawab track record LSI. Untuk pilpres saja, kita tidak pernah merubah data atau titipan. Apalagi hanya selevel kabupaten,” kata Ikram yang dikonfirmasi usai mempersentasekan hasil survei LSI, bertempat di Hotel Santika Luwuk, Kamis (16/07/2020).

 

Baca juga: Penanganan Covid-19 dapat Rapor Hijau, Lima Rekomendasi LSI buat Pemda Banggai

 

Dijelaskannya, di dalam aturan sebuah institusi pemerintah tidak bisa mengambil keuntungan pada penanganan covid-19. “Lewat penanganan covid-19, Pemda tidak bisa menguntungkan kandidat tertentu. Tapi saya pikir kan belum ada pasangan calon,” kata Ikram.

Sebenarnya lanjut dia, terhadap kondisi Covid-19 saat ini, publik lebih menilai kepada konteks kepedulian. Baik Pemda maupun diluar Pemda atau penantang (new comer), kalau dia peduli pasti direspon publik.

LSI secara tegas kata Ikram, tidak berharap terjadi politisasi terhadap penanganan covid-19. Karena itu sangatlah tidak etis. Yang pasti tekan Ikram lagi, survei LSI terkait penanganan covid-19 yang dilakukan Pemda Banggai, tidak ada pesan sponsor dari kandidat tertentu yang akan maju di Pilkada Banggai 2020. *

 

(yan)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: