Longki Instruksikan Para Bupati Siapkan Lahan Pekuburan Covid-19

FOTO Ilustrasi

____

PALU, LUWUK TIMES.com— Gubernur Sulteng Longki Djanggola menginstruksikkan kepada para bupati/wali kota se Sulteng untuk menyiapkan lahan pekuburan khusus suspect covid-19. Untuk proses pemakaman sesuai SOP protokol Kemenkes RI yang sudah ditetapkan.

“Sekaligus dapat berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri untuk pengamanan proses pemakamannya,” kata Longki sebagaimana tertuang dalam surat instruksi bernomor 443/193/Ro.Hp tanggal 3 April 2020.

Selain menyiapkan lahan pekuburan khusus, dalam instruksi yang turut diberi tembusan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB, Ketua DPRD Sulteng, Kapolda dan Danrem 132/Tadulako di Palu itu mencantumkan delapan point lainnya.

Diantaranya, memaksimalkan pelayanan rumah sakit dan Puskesmas terkait penanganan covid-19 di wilayah masing masing, bagi kabupaten/kota yang melaksanakan rapid test Covid-19 kepada warganya agar tetap berpedoman pada SOP Kemenkes RI dan wajib bertanggung jawab terhadap ketersediaan alat pengaman diri (APD) pada setiap rumah sakit daerah, Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya yang akan dipergunakan tenaga medis.

Dalam instruksi selanjutnya, Gubernur juga meminta kepada Bupati/Wali Kota agar mensosialisasikan kepada masyarakatnya menggunakan masker disaat keluar rumah.

Dan kepada para Bupati/Wali Kota, apabila ada warganya yang terkonfirmasi positif covid-19, maka diminta kepada keluarga, kerabat dan sahabat serta kepada mereka yang sempat kontak langsung dengan pasien PDP/positif corona agar mereka wajib memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat. (im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: