Herwin Yatim: Tanggungjawab Saya Menjaga Masyarakat Terhindar dari Corona

Bupati Banggai Herwin Yatim disemprot disinfektan oleh tim satgas Covid-19. (FOTO: Humas Setdakab Banggai)

____

LUWUK TIMES.com— Bupati Banggai Herwin Yatim komitmen menjaga wilayah perbatasannya untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Sebelumnya, Herwin monitoring wilayah perbatasan Kabupaten Banggai-Morowali Utara. Kini giliran perbatasan Kabupaten Banggai-Tojo Unauna (Touna) yang disambanginya.

“Tepatnya di desa Ogu Balingara Kecamatan Nuhon wilayah perbatasan Banggai-Touna,” kata Sub. Bagian Dokumentasi Pimpinan Humas Setdakab Banggai, Indra Kurniawan, Sabtu (04/04/2020).

Didampingi sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemda Banggai Herwin, memantau langsung kesiapan tim Satgas Covid-19 sekaligus mengecek perlengkapan kesehatan dan memantau arus kendaraan dan orang yang keluar masuk Kabupaten Banggai.

“Beragam hal yang ditekankan pak Bupati. Mulai dari pengawasan orang yang diperiksa ketat. Ditanya tentang riwayat perjalanan. Apalagi dari zona merah. Jika perlu jangan diberi izin masuk,” kata Indra mengutip penegasan Bupati.

“Ini harus dimaklumi oleh masyarakat. Saya sebagai penanggungjawab daerah harus menjaga masyarakat Kabupaten Banggai sehat dan terhindar dari wabah Covid-19. Jangan karena kepentingan satu atau dua orang dikalahkan oleh kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Banggai,” tambah Bupati.

Warga mencuci tangan yang telah difasilitasi tim satgas Covid-19. (FOTO: Humas Setdakab Banggai)
____

KETAHANAN PANGAN

Herwin Yatim tidak ingin masyarakatnya terdampak krisis pangan, lantaran virus pandemi ini.

Pada kesempatan itu, politisi PDI Perjuangan ini juga menekankan hal tersebut kepada tim satgas Covid-19 di perbatasan.

“Beras, gula dan kebutuhan sembako lain, agar jangan diberi izin keluar. Kita prioritaskan daerah kita dulu. Apabila tim satgas perbatasan lengah menjaga ini, maka akan terjadi kelonjakan harga beras,” kata Herwin.

“Intinya saya mengharapkan kepada Satgas perbatasan, selain pemeriksaan kesehatan juga diperketat pemeriksaan muatan pangan. Kalau ada pengusaha yang memanfaatkan situasi ini untuk menjual keluar dan mengambil keuntungan pribadi, maka wajib ditindak tegas,” tambah Bupati.

Indra juga melaporkan, Bupati Banggai sempat mengecek alat thermogun. Bupati ingin memastikan langsung apakah alat itu berfungsi dengan baik.

Sebelum balik ke Luwuk, Bupati memerintahkan kepada petugas kesehatan untuk menyemprot desinfektan kepada seluruh rombongan, termasuk orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu. (im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: