DPRD Sebut Penggunaan Dana Refocusing Corona Rp31,6 M Berjalan Baik

Anggota DPRD Banggai, Irwanto Kulap. (Foto: Luwuktimes.com)


LUWUKTIMES.com— Anggota DPRD Banggai, Irwanto Kulap menilai, penggunaan anggaran refocusing yang diperuntukan penanganan covid 19 di Kabupaten Banggai sebesar Rp31,6 miliar masih berjalan baik.

“Secara kasat mata perjalanan dana refocusing sudah berjalan dengan baik dan benar,” kata Irwanto kepada Luwuktimes.com Kamis (28/05/2020).

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai ini mengaku, sebenarnya dewan bisa melakukan evaluasi tentang penggunaan dana covid 19 terkait hasil refocusing tahun 2020 yang kini sudah berjalan.

Paling tidak konteks evaluasinya adalah apakah azas manfaatnya benar benar dirasakan warga yang terdampak ekonomi akibat virus pandemi tersebut.

“Ini tugas dewan yang memiliki fungsi pengawasan, sekaligus tidak bisa terpisahkan dari politik anggaran, walaupun dewan menyadari yang sudah dilakukan oleh pemda telah berkesesuaian dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” kata Irwanto.


Baca juga: Data Warga Penerima Manfaat Jangan Tumpang Tindih


Sekali lagi pertegas Irwanto, DPRD hanya menjalankan fungsinya atau bisa juga dilakukan bersamaan dengan perubahan anggaran di 2020 yaitu APBD-P sekitar bulan Agustus tahun ini.

Sekadar diketahui, total dana refocusing yang bersumber dari APBD 2020 sebesar Rp. 31,6 miliar.

Anggaran sebesar itu dialokasikan masing masing pencegahan dan penanganan covid-19 sebesar Rp28,2 miliar, bantuan banjir di desa Pangkalaseang Kecamatan Balantak Utara Rp1,3 miliar serta biaya tidak terduga (BTT) Rp2 miliar.

Sedang untuk pencairannya, tergantung dari organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemda Banggai yang sudah ditetapkan penggunaan anggarannya. *


sl

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: