Warga Sulit Dapat Air Bersih, Fraksi PKS Sorot PDAM

Samiun L. Agi


LUWUKTIMES.com— Juru bicara Fraksi PKS DPRD Banggai, Samiun L. Agi mengkritisi perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Banggai.

Meski perusahaan milik daerah itu telah mengantongi dana Rp. 4 miliar dari Pemda Banggai, namun kinerja belum maksimal. Buktinya masih ada warga yang belum menikmati air bersih.

Kritikan Samiun ini disampaikannya pada rapat paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati tahun anggaran 2019 melalui video conference di kantor DPRD Banggai, Selasa (21/04/2020).

“Kan ada Rp. 4 miliar untuk PDAM. Tapi masih ada warga yang belum mendapatkan air bersih,” kata Samiun.

Dia mencontohkan di Kelurahan Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk. Warga disana kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kasihan masyarakat di Tanjung Tuwis. Mereka belum nikmati air bersih,” kata Samiun.

Bertalian dengan nota keuangan LKPj Bupati, sambung Samiun, atas nama fraksi menerima untuk dilanjutkan pada pembahasan selanjutnya. “Fraksi PKS menerima LKPj penuh dengan kebangaan,” kata Samiun.

Aspirasi fraksi yang dihuni tiga aleg ini direspon Bupati Banggai, Herwin Yatim. “Air di Tanjung Tuwis sering macet. Itu karena perkembangan kawasan hunian di bagian atas, sehingga warga yang tinggal di bagian menjadi korban,” kata Herwin.

PDAM Banggai lanjut Bupati tetap akan berupaya untuk menyelesaikan persoalan itu. Karena saat ini penggalian pipa air segera rampung.

“Satu atau dua minggu kedepan segera diselesaikan penggalian pipanya. Sebagai pemerintah, tentu berharap tidak ada lagi wilayah yang krisis air bersih,” kata Bupati. *

(im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: