WABUP JADI PEMATERI DI KEMENTRIAN KESEHATAN RI

FOTO: Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo saat membawakan materi pada kegiatan di Kementrian Kesehatan RI, Selasa (25/2)

_____

LUWUK TIMES.com– Wakil Bupati (Wabup) Banggai Mustar Labolo tampil sebagai pemateri pada kegiatan yang dilaksanakan Kementrian Kesehatan RI Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, di hotel Mercure Jakarta, Selasa (23/2).

Dihadapan 600 peserta dari Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi, kabupaten/kota se Indonesia, Mustar membawakan tema materi implementasi standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan di Kabupaten Banggai.

Dari lima panel yang disiapkan penyelenggara, Buya-sapaan Mustar Labolo tampil di panel II.

Dihadapan ratusan peserta, Mustar mengatakan, ada tiga jenis SPM bidang kesehatan, yakni siklus hidup, penyakit menular dan penyakit tidak menular, sembari dia menjelaskan setiap item tadi.

Sedikitnya delapan upaya percepatan SPM. Diantaranya sebut Mustar, membentuk tim teknis. “Timnya dibentuk melalui SK bupati,” kata Mustar.

Selanjutnya, menyusun rencana percepatan SPM bidang kesehatan yang memuat target tahunan, melakukan pembinaan pembina keluarga (PK) dan dasawisma atau pembina kesejahteraan keluarga (PPK) serta pembinaan Puskesmas pada saat pelaksanaan lokmin bulanan dan tri bulan.

Mustar juga memaparkan tentang keberhasilannya bersama Bupati Banggai, Herwin Yatim dalam rangka menurunkan angka kemiskinan.

“Ini penurunan paling signifikan ke 6 dari 514 kabupaten/kota se Indonesia,” kata Mustar bangga.

Adapun angka kemiskinan yang mampu ditekan di Kabupaten Banggai yakni, tahun 2015 9,84 persen, 2016 9,47 persen, 2017 9,20 persen, 2018 9,12 persen dan di tahun 2019 tinggal 7,8 persen. (ST)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: