Sekolah Diliburkan 14 Hari, Pesan Herwin Perkuat Ketahanan Pangan

Bupati Banggai Herwin Yatim memberikan keterangan pers. (FOTO ISTIMEWA)

___

LUWUKTIMES.com—Sejumlah pemerintah daerah mengantisipasi penyebaran virus corona dengan meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah hingga 14 hari kedepan. Tidak terkecuali Pemda Banggai.

“Kami segera memutuskan segera meliburkan sekolah-sekolah dalam kurun waktu dua minggu. Termasuk PAUD (pendidikan anak usia dini). Kami sudah membuat surat edaran,” kata Bupati Banggai, Herwin Yatim kepada sejumlah wartawan Senin (16/3/2020).

Tak hanya meliburkan sementara aktivitas sekolah, mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP selama dua pekan kedepan, Bupati Banggai juga berpesan kepada masyarakat agar memperkuat ketahanan pangan.

“Terhadap masalah ketahanan pangan. Masyarakat akan kami buatkan edaran juga bersama pemerintah turun dalam menghadapi kondisi ini,” kata Bupati.

“Ketahanan pangan ini penting. Karena ketika kita mengisolasi, walaupun dalam keadaan kondisi situasional, tapi kita bisa membuat masyarakat lebih produktif,” tambah Herwin.

Tak cuma itu langkah antisipasi yang digiatkan Pemda Banggai dalam pencegahan virus mematikan tersebut.

Dalam keterangan pers Herwin juga meminta kepada para pejabat daerah untuk tidak bepergian ke luar daerah.

Imbauan Bupati Banggai, Herwin Yatim
___

“Juga menghimbau kepada pejabat daerah untuk tidak bisa kemana mana,” tegas Herwin.

Jika aktivitas sekolah diliburkan terhitung 16-30 Maret 2020, bagaimana dengan ASN? Begitu antara lain sodoran pertanyaan buat Herwin yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai ini.

“ASN tetap bekerja. Tapi konsep bekerja ASN bagaimana mereka ke tengah masyarakat dalam rangka memberikan pencerahan dan solusi alternatif lebih produktif. Ini hikmahnya kita sekarang,” kata Herwin.

Menyangkut adanya keinginan agar Pemda Banggai mengeluarkan kebijakan lock down atau menutup akses keluar masuk Kabupaten Banggai juga dijawab Herwin.

“Hari ini kita undang kepala Bandara dan ASDP serta pihak terminal (Dishub) untuk rembuk, bagaimana kita lebih memperketat orang orang yang masuk.

Kita akan lebih mendata secara mendetail orang yang masuk. Apakah investor atau dari mana dengan data yang jelas,” ucap Herwin. (st)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: