Sejak Subuh Bupati Banggai Tongkrongi Pelabuhan Luwuk

Bupati Banggai, Herwin Yatim memantau langsung penumpang KM Tilongkabila. (FOTO: Istimewa)

___

LUWUKTIMES.com— Kepedulian Bupati Banggai Herwin Yatim terhadap pencegahan penyebaran virus Covid-19 di daerah ini sangat luar biasa.

Politisi PDI Perjuangan ini sudah menongkrongi kawasan Pelabuhan Luwuk sejak subuh.

Hal itu sengaja dilakukannya, untuk memantau sekaligus kesiapan alat body sanitizer yang dioperasikan perdana di Pelabuhan Luwuk, Kamis (26/03/2020).

“Iya, pak Bupati Banggai pada Subuh sekitar pukul 05.45 wita telah berada di Pelabuhan Luwuk. Beliau memantau langsung kesiapan alat dan tenaga kesehatan,” kata Sub. Bagian Dokumentasi Pimpinan Humas Pemda Banggai, Indra Kurniawan dalam rilisnya.

Didampingi Kepala UPP Luwuk, Kepala KKP Luwuk, Kadis Kesehatan, Kadis Perkimtan serta Kadis Kominfo beserta anggota Covid-19, Bupati menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Kepada seluruh penumpang kapal Tilongkabila agar menaati segala prosedur yang diberlakukan.

“Kami mohon maaf sebesar besarnya, karena telah menghambat waktu bapak ibu sekalian. Akan tetapi apa yang kita lakukan ini sangat penting demi kepentingan masyarakat Kabupaten Banggai,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, Pemda menerapkan program ini disemua pintu masuk yakni udara, laut maupun darat.

Para penumpang KM Tilongkabila diperiksa suhu badan oleh petugas. (FOTO: Istimewa)

Ada tiga langkah yang dilakukan, yaitu mengecek suhu, melakukan Body Sanitizer, dan penyemprotan disinfektan.

“Saya memerintahkan kepada Kadis Disperkimtan untuk membuat bilik Body Sanitizer. Apabila semuanya sudah jadi akan kami bagikan di tempat tempat kedatangan paling strategis. Semoga dengan cara seperti ini Banggai dapat melawan Covid-19,” kata Bupati.

Pengoperasian body sanitizer di pelabuhan itu berjalan lancar.

Bupati pun memberi apresiasi terhadap para penumpang.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh penumpang Tilongkabila tujuan Luwuk yang menaati himbauan kami. Tertib tidak berdesak desakan. Semuanya memahami sehingga tidak terjadi miskomunikasi di lapangan antara petugas dan para penumpang,” ucap Bupati.

Secara tegas Bupati berjanji akan terus memantau terminal kedatangan, khususnya yang dari daerah terjangkit. Diantaranya Makasaar, Surabaya, Jakarta dan lainnya.

Body sanitizer ini merupakan alat yang bertujuan untuk mensterilkan virus di tubuh luar, sehingga bisa membantu dalam rangka memutus mata rantai Covid-19.

Dalam rilis itu Indra juga mengabarkan, sesuai hasil rapat 25 Maret malam di Kantor Dinas Perkimtan yang dipimpin Bupati Banggai, Herwin Yatim melalui streaming aplikasi zoom, akan dilakukan pengecekan suhu melalui Body Sanitizer, dan disemprot Disinfektan.

Sedikitnya tiga langkah yang diambil ddala mengantisipasi Covid-19 di KM Tilongkabila.

Pertama, melakukan pengukuran suhu tubuh dengan termometer tembak.

Kedua menyediakan bilik Sterilisasi atau Body Sanitizer.

Dan ketiga penyemprotan Disinfektan pada setiap penumpang yang turun. (im)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: